Jangan percaya dengan request semacam ini

Artikel kali ini ditulis berdasarkan pengalaman seorang teman di Jogjakarta yang mempunyai bisnis travel agent yang fokus nya di online namun pada akhirnya dia hanya buka konsultasi berbayar untuk membuatkan quotation untuk travel travel agent dari luar Jogja.

Membidik wisatawan yang akan ke Jogja cara yang paling mudah adalah memasang iklan di internet untuk menjual paket tour di Jogjakarta dan sekitarnya, separti kunjungan ke obyek wisata utama seperti candi Borobudur, Candi Prambanan, Kraton dan obyek lainnya seperti pantai parangtitis ataupun nglangeran, cave tubung di pindul sampai dengan Panati Indrayanti.. juga tour service lainnya separti rent car, reservasi hotel, sampai dengan penjualan air tiket…

Orang luar biasanya untuk komunikasi lebih suka menggunakan sms atau BBM inilah yang selalu ditanyakan Travel agent di luar Jogja yang meminta untuk dikalkulasikan harga tour untuk rombongan sejumlah 400 orang (wooow buayak buanget !!) tentu saja dia segera membuatkan kalkulasinya dan segera dikirim melalui sms juga (karena tidak menyebutkan alamat emailnya). Setelah lama ditunggu biasanya tidak ada jawaban bahkan ucapan terima kasih (karena telah membuatkan quotation) saja tidak ada. ini dimungkinkan hanya menginginkan membuatkan paket wisata ke Jogja akan tetapi agar kelihatan serius maka ditambahkan jumlah orang yang akan menjadi peserta dengan jumlah yang begitu fantastis. Ada kalanya dengan kasus yang sama seperti di atas, tamu dari travel agent tersebut memang benar datang di Jogjakarta akan tetapi tournya dihandle dengan travel agent yang lain, kadang datang dengan hanya tour leadernya saja karena hotel dan transportnya di arrange langsung dari sumbernya.

Apabila harga tour sudah deal, dan tamu datang kadang untuk last minutes ada tambahan perserta yang tidak disebutkan sebelumnya dengan alasan mereka adalah staff, walaupun meraka bukan staf tapi meraka adalah perserta tambahan.

One thought on “Jangan percaya dengan request semacam ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s