Seni Guiding Cara Membuat Tour Berkesan

Ada perbedaan yang jelas antara  teknik guiding dengan seni guiding ?

Teknk guiding adalah SOP yang harus dimiliki seorang guide ketika harus membawa tamu, misalanya ketika di obyek seorang guide harus menjelaskan sejarah candi atau mengatur jadwal keberangkatan ke suatu obyek adalah termasuk guiding teknik, tentunya hal hal ini telah diketahui oleh semua tour guide karena diajakan dalam pendidikan untuk menjadi seorang tour guide.

Sedangkan yang disebut dengan seni guiding adalah  cara-cara atau dapat dikatakan sebagai ruh atau warna bagaimana seorang tour guide mengaplikasikan tehnik guiding selama mambawa tamu  sehingga memberikan rasa senang, puas. Tanpa seni guiding, seorang tour guide yang hanya mempraktekan guiding teknik selama pemanduan itu dapat dikatakan tidak menyalahi aturan dan tidak dapat dipersalahkan pemanduan tamu tidak akan menarik, kan monoton, menjemukan, pucat, absurd. Dapat dibayangkan apabila tour guide hanya menerangkan sebuah obyek hanya seperti tetulis pada brosur, ataupun seperti mendengarkan kaset, tentunya sebuah kunjungan akan tidak berkesan.

Apakah seni guiding dapat dipelajari ?
Seni guiding dapat dipelajari tentunya, bagi orang yang introvert akan lebih sulit untuk mengaplikasikan seni guiding dari pada orang yang extrovert yang dapat dikatakan mempunyai bakat seni guiding. Akan tetapi semua orang dapat mempunyai seni guiding dengan cara belajar seni guiding dengan cara yang sangat sederhana, namun tergantung dengan kemauan dari personal masing-masing memperbanyak perbendaharaan kosa kata, memperbanyak pengetahuan sejarah, teknik, social, memperkaya berita actual local atau international, sehingga akan seorang tour guide akan banyak ide untuk menjadi bahan pembicaraan selama pemanduan.

Apa yang termasuk dalam seni guiding?

 

 

4 thoughts on “Seni Guiding Cara Membuat Tour Berkesan

  1. nita jogja

    betul, kadang malah banyak yang asal tidak pernah memeperhatikan soal SOP.. padahal kalau bentuknya sudah menjadi industi yg komersil, harus dilakukan dengan teknik yang benar.

  2. fadli

    bahasa dapat diletakkan nomor dua setelah dasar bahasa guiding(sop)dipahami dan dimengerti juga dikuasai,dan nomor satu tentu seni guiding,mencakup antisipasi complain,penyelesaian complain dgn hasil zero complain,bahasa kiasannya ” ketika mencuri,yg kehilangan tidak merasa kehilangan”..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s