Simbiose Mutalisme dalam Pariwisata

Didalam bulan romadhon yang note bene musim sepi tourist, Jogja Plaza sebuah hotel bintang 4 yang terletak dekat dengan kampus UNY  di Jogja, telah menolak reservasi room seharga total 25 juta hanya karena, travel agency hanya mau membayar deposit payment sebanyak 5 juta dengan pelunasan sebelum tamu check out.

Flash back ke belakang kita semua dapat pelajaran di sekolah yang, mengajarkan akan adanya simbiose, yang terdiri dari dua bentuk mutualisme dan parasitisme. dalam simbiose mutalisme adalah kedua kedua belah pihak diuntungkan sedangkan simbiose parasitisme yakni  ada yang salah satu dirugikan.

Dalam dunia pariwisata diharapkan hanya ada simbiose mutualisme, dimana pihak-pihak yang terkait dalam pariwisata saling diuntungkan dari pada berdiri sendiri, sehingga melihat kasus diatas keputusan hotel bintang 4 tersebut untuk menolak reservasi adalah tindakan yang arogan, dan sebuah tindakan yang menganggap kerjasama dengan travel agent hanya sebagai simbiose parasitisme. Bolehlah hotel tidak memerlukan travel agency untuk marketing, mencari tamu dengan adanya situs-situs online seperti agoda, asiaroom dll, akan tetapi perlu diingat bahwa apabila semua orang berpendapat tidak memerlukan orang lain dan saling menjegal dalam bisnis pariwisata bagaimana jadinya.

Masih ingat sebuah hotel tanpa klasifikasi bintang, di sebelah selatan kota Jogja, hanya karena mamproklamirkan sebagai hotel butik dengan gambar tokek, bangunannya bersebelahan dengan gudang sampah yang pada saat itu bersikap arogan dengan menolak room  reservasi yang dilakukan oleh tour guide, hanya karena tour guide oleh mangement dianggap bukan anggota ASITA. Pada akhirnya hotel tesebut menuai akibat karena tamu regulernya pindah, dan tampaknya hotel ini sudah mulai redup.

One thought on “Simbiose Mutalisme dalam Pariwisata

  1. radite

    temen2 komunitas HPI jogja bisa ketemu ngobrol tentang dunia guide travel ketemu dimana? saya sendiri lagi ingin ngobrol tentang dunia traveling dimana saya pengen berbagi ide demi mengembangkan pariwisata jogja dan guide travel. mohon sekitaya bisa ngobrol bareng saya perlu ketemu dengan teman teman komunitas guide. mohon hubungi saya di radite.putut@me.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s