Musim Libur Jogjakarta Macet !

Bulan Desember adalah musim libur panjang sekali gus libur sekolah, sehingga akan ada ratusan ribu tourist domestik dengan  bus besar atau bus kecil, sampai mobil pribadi  dari berbagai kota datang menuju pusat kota, belum lagi ditambah tourist yang datang dengan Kerta Api dan Pesawat Terbang,  tujuan utama adalah obyek wisata favorit di dalam Kota Jogjakarta, seperti Kebun Binatang Gembira Loka, Taman Pintar, Kraton dan tidak lupa Malioboro dan pusat oleh-oleh bakpia, serta obyek wista yang ada di luar kota Jogjakarta seperti Borobudur, Prambanan, agro wisata salak, Kaliadem, Parang Tritis dan obyek wisata lainnya.

Kedatangan ribuan tourist domestik, berdampak positif karena angka hunian kamar hotel meningkat, juga angka penjualan produk unggulan seperti mbak pia juga meningkat, semua komponen yang bergantung kehidupannya dengan pariwisata dapat tersenyum lega, mulai dari hotel kelas bawah sampai bintang, tukang becak yang berperan sebagai free lance sales marketing pusat oleh, pusat oleh-oleh mulai dari kaos Dagadu sampai dengan mbak-pia dengan merek 01 sampai dengan 123, sopir dan kernet bus tentunya juga sampai dengan tour guide, baik guide lokal Jogja ataupun tour guide yang dibawa oleh rombongan, dan masih banyak lainnya.

Sisi Negatif Musim Libur di Jogjakarta

Akan tetapi ada juga dampak buruknya yaitu selama musim tourist tersebut jalanan di Jogjakarta akan macet, karena kapasitas jalan tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang lewat, baik jalan utama sampai dengan jalan tikus pun akan penuh dengan mobil, motor atau kendaraan pribadi yang ingin mencari jalan tembus.  Jalan-jalan utama yang macet dengan antrian yang sangat  panjang rata-rata panjang antrian di lampu merah jalan utama lebih dari 0.5 Km adalah jalan-jalan utaman yang menuju kota Jogja akan penuh mulai dari Jl. Solo, JL. Magelang, Jl. Wates. Sebagai gambaran jarak 2 km  antara KR Jalam Solo menuju Amplas waktu tempuh yang diperlukan waktu lebih dari 1 Jam.

Keadaan ini adalah gambaran keadaan macet kota Jogja, musim liburan sekolah tahun ini  yang mempunyai rentang waktu kira-kira 1 bulan. Untuk musim mudik lebaran ini kemacetan di kota Jogja ini diperkirakan  akan lebih dasyat, dengan kedatangan pemudik ditambah dengan kendaraan yang lewat kota Jogja denga renatng waktu yang realtif lebih singkat, hanya 1 Minggu.

3 thoughts on “Musim Libur Jogjakarta Macet !

  1. nita jogja

    inilah yang akhir2 ini mulai terasa semakin menjadi… perlu dipikirkan solusi, tidak hanya mengundang orang banyak2 untuk datang. Yogyakarta harus selalu nyaman…🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s