ZIARAH KOTAGEDE

Saat ini Kotagede kian menarik dikunjungi, selain wisatawan dapat melihat sentra pengrajin perak Yogyakarta, tak kalah menarik menelusuri kampung dan mengenal lebih dekat bagaimana pusat sejarah Mataram itu dahulu hingga kini. Yang tak terlupakan wisatawan bisa menikmati bangunan lama disana serta berwisata religi.

Berkunjung ke Makam Kotageda bisa diawali memasuki pelataran masjid Kotagede. Pengunjung muslim terutama pada hari Jum’at akan merasakan suasana lain menjalankan sholat Jum’at disana seakan ziarah perjalanan sejarah Mataram bahkan menelusuri era-era sebelumnya.. subhanallah klik http://dtur88.wordpress.com/2009/11/12/kotagede/

Disana wisatawan jadi mengetahui dimakamkan nama-nama besar pendiri Mataram & banyak belajar sejarah sekaligus merasakan kebesaran Kiyai Ageng Pemanahan (1579-1601) lalu putranya bernama Danang Sutawijaya (Panembahan Senopati). Hingga kiprah luhur di panggung sejarah bangsa dari sosok Sultan Agung Hanyokrokusuma dikenal sebagai penghulu Raja-raja Jawa.

Kiyai Ageng Pemanahan adalah ulama besar tanah Jawa, cucu Sayyid Anis / Kiyai Ageng Anis dan buyut dari Kiyai Ageng Selo (Sayyid Abdurrahman). Memasuki gerbang makam mengingatkan komplek makam raja-raja di Trowulan, Mojokerto atau komplek keluarga para Wali seperti di Makam Sendang, Lamongan Jawa Timur. Jauh ke belakang di wilayah Mataram sebelumnya pada Tahun 1222 kita mengenal penguasa Singasari yaitu Sri Sultan Rajasa (Ken Arok) adalah canggah raja Majapahit Raden Sayyid Wijaya bisa jadi berziarah ke leluhurnya Sayyidah Fatimah binti Maemun (1082) di Leran, Gresik.

Menilik arti nama Panembahan Senopati di atas, dalam khazanah jawa ‘panembahan’ artinya sayyid keturunan Nabi Muhammad saw, ‘senopati’ artinya panglima besar. Di jawa dikenal pula dzurriyah Nabi Sayyidah Fatimah az-Zahra, disebut Dewi Sri Partimah. Tahun 1429 ada Sri Ratu Suhita (Majapahit), 1829 dikenal Nyahi Ageng Serang (Yogyakarta) dst.

Sejenak berjalan di sekitar masjid Kotagede terdapat benteng dengan gerbang Mataram dibangun oleh para Sayyid tanah jawa sejak 1509, perang suci Majapahit di Demak Bintara melawan Portugis 1521. Bangunan komplek makam ini jelas bagi pengunjung mengingatkan ketekaitan Trah Mataram dengan Raja-raja di Jawa sebelumnya. Lihat https://hpijogja.wordpress.com/2009/12/17/majapahit-1/

Diketahui di belakang penguasa Raden Patah (1478) adalah para Wali Sembilan; kehidupan yg berintikan masjid, madrasah & padepokan, satu kesatuan masyarakat islam yg menghubungkan Nusantara. Sedang Sultan Agung pencipta kalender islam-jawa telah hafal al-Qur’an di usia 6 tahun dari gurunya Kiyai Ageng Gribik. Dari sini Kiyai Ageng Gribik mencipta wirid ‘ya qowiyyu ya aziz’ sebagai bekal perang tentara Mataram mengusir penjajah asing di Batavia (1602).

Kita bisa mengenal sejarah Perang ini dari sudut pembekalan invanteri ketika itu yang sangat khas, mengingatkan perang di era kemerdekaan ketika rakyat bersenjata ‘bammbu runcing’ tercatat dalam sejarah mampu mengalahkan kompeni Belanda. Beginilah wirid ciptaan Ki Ageng Gribik tersebut selengkapnya: Ya qawiyyu ya Aziz, qawwina wal muslimin/ Ya qawiyyu ya Razaq, warzuqna wal mu’minin/ Ya qawiyyu ya Aziz, qawwina wal muslimin/  Ya ghaniyyu ya Razaq, warzuqna wal mu’minin  (P3KAG Jatinom, 2008).

Berziarah ke Makam Kotagede paling tidak bisa menelusuri penanda episode peradaban kita dan mengingatkannya, Yogyakarta tempat (makam) bangunan nasionalisme bernama Indonesia yang hari-hari ini digugat bangsanya sendiri.. []

2 thoughts on “ZIARAH KOTAGEDE

  1. Sutarjo

    Saya tertarik dengan kata ‘panembahan’ yang dalam khazanah Jawa berarti keturunan Nabi Muhammad saw. Mohon penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s