Batara Kala sang penguasa waktu

Orang Jawa memaknai dewa penguasa waktu, dengan sebutan BETORO KOLO. Kala berarti waktu, salah satu penjelmaan Dewa Perusak Alam, bernama Siva. Siwa, dalam kaitanya sebagai perusak (destroyer), bernama MAHADEWA, bukan kaitanya sbg Pencerah (Mahaguru) merusak, tidak selalu berarti negatif di saat terjadi gempa bumi, banjir, atau dalam skala lebih kecil, MACET di Sudirman, barangkali, bisa di kategorikan dalam kasus ini, terjadi hambatan aktivitas berkendara (yang berarti kita sedang dipermainkan oleh sang maha kala).

Kita tidak pernah menyadari, bahwa kamera kita, yang tergeletak di meja, selama 5 tahun, tanpa ada seorangpun yang menyentuh, kelak setelah 5 tahun, bisa dipastikan akan RUSAK. Tidak ada seorangpun yang memakai, dan menyebabkannya menjadi rusak. siapa yang merusak sebetulnya??? jawabannya adalah; WAKTU Ya, waktu, bersifat merusak, itulah mengapa orang Jawa mengenal dewa penguasa waktu, yang tiada lain adalah Dewa Kala Makara. Tiada seorangpun yang sanggup mengalahkan Kala makara, dilambangkan dengan figur yang galak, bertaring panjang, bermata besar, dan siap menerkam mangsa, itulah KALA, yang tanpa jeda sedetikpun, akan selalu memakan apa saja yang ditemuinya.

Perlombaan mengalahkan sang waktu, RACING AGAINST THE TIME, akan berakhir dengan kekalahan, siapapun yang melawannya. Kala makara akan dipastikan menjadi pemenangnya. Kala tidak akan berhenti barang sejenakpun, Kala makara akan selalu berjalan, detik berganti jam, dan kemudian berganti hari, bulan dan tahun. Sebentar lagi, kita semua akan dikalahkan oleh parameter baru, pergantian tahun !! Kita akan semakin tua, kita akan semakin renta, pertahanan dan stamina kitapun akan semakin rapuh, metabolisme tubuh kita juga akan berkurang akurasinya, tekanan darah berubah, semakin tinggi, atau semakin rendah, begitu juga dengan keseimbangan kadar gula dalam ludira, dll. penyebab utamanya adalah: WAKTU !!!!!! marilah, kita manfaatkan, dan kita syukuri nikmat waktu yang masih tersisa!!

Selamat Tahun Baru 2012 salam dari Jogja

One thought on “Batara Kala sang penguasa waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s