Guide Harus Berlisensi

Multi peran Pramuwisata sebagai eksekutor layanan wisata, duta nasional dalam pemanduan wisata, sosok ujung tombak penghubung destinasi serta juru penerang suatu obyek daerah tujuan wisata kian hari mutlak semakin dibutuhkan. Saat ini di lingkungan Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Pramuwisata Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat ± 360 guide berlisensi. Mereka memiliki peran strategis sebab bersinggungan langsung dengan elemen kepentingan bisnis pariwisata nasional bahkan global, baik Pemandu Wisata DIY yang melayani para wisatawan langsung atau melalui Biro Perjalanan Wisata, jasa layanan Hotel & Penginapan maupun Agen Instansi Pemerintah dan Lembaga Pendidikan. Realisasi layanan pemanduan dibedakan dalam sebelas spesialisasi bahasa (Inggris, Domestik, Belanda, Arab, Italy, Spanyol, Jepang, Mandarin, Korea, Perancis dan Rusia) serta beragam paket perencanaan pemanduan dan layanan penerjemahan bahasa.

IJIN LISENSI PRAMUWISATA

Dengan terbitnya Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor: PM.92/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Jasa Pramuwisata, urusan pramuwisata menjadi kewenangan Kabupaten / Kota. Sedang berdasar Peraturan Daerah Kota Yogyakarta No. 04 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, bahwa Pemerintah Kota Yogyakarta tidak lagi memiliki kewenangan untuk memberikan lisensi pramuwisata. Dengan mengingat peran tersebut diatas, sifat professional serta tugas tanggung jawab pramuwisata yang tidak mengenal batas wilayah (borderless) dan luas wilayah Propinsi DIY yang relatif kecil, maka HPI dan Pemerintah Propinsi serta Pemerintah Kabupaten / Kota telah mengadakan beberapa kali pertemuan dan menyepakati bahwa penerbitan lisensi pramuwisata dilimpahkan kepada Pemerintah Propinsi.

Sebagai tindak lanjut dari surat kesepakatan Walikota Yogyakarta kepada Gubernur DIY c.q. Kepala Dinas Pariwisata Propinsi DIY Nomor 556/1606 tanggal 21 April 2011 tentang Lisensi Pramuwisata; dan surat Bupati Kulon Progo kepada Gubernur DIY Nomor 556/2195 tanggal 10 Agustus 2011 tentang Lisensi Pramuwisata, bahwa pelayanan perijinan usaha jasa pramuwisata akan lebih efektif dan efisien di tingkat propinsi atas dasar pertimbangan ; 1). Untuk menjaga standarisasi kompetensi pramuwisata yang beroperasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. 2). Agar terjaga keseragaman dalam rangka pembinaan, pengaturan dan pengawasan pramuwisata. 3). Agar lisensi tersebut dapat digunakan sebagai dasar melaksanakan layanan profesi sebagai pramuwisata di luar wilayah DIY.

UJI KOMPETENSI SYARAT AMBIL LISENSI

Hari Jum’at ini 09 September 2011 di Aula Disparda DIY diserahkan 110 lisensi Pramuwisata Madya oleh Dinas Pariwisata Propinsi DIY kepada Dewan Pimpinan Cabang HPI Kota Yogyakarta yang selanjutnya diteruskan kepada perwakilan Guide 11 Bahasa Anggota. DPD HPI DIY berharap agar segenap mitra kerja, yakni segenap Biro Perjalanan & Agen Perjalanan Wisata dapat menggunakan jasa hanya Guide resmi berlisensi, karena syarat mendapatkannya seseorang harus lulus uji kompetensi pramuwisata oleh Lembaga Sertifikasi Profesi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Pemandu Wisata dan Pengatur Wisata. Hal ini sekaligus mengangkat citra layanan pariwisata di lingkungan destinasi Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi lebih baik dimasa mendatang. Semoga usaha mulia ini berujung dirumuskannya peraturan gubernur sebagai payung hukum usaha jasa pramuwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. []

3 thoughts on “Guide Harus Berlisensi

  1. mas travel biro

    Selamat pagi Bpk/Ibu

    Saya Ike sebagai head tour & hotel dept MAS TRAVEL BIRO. Saya ingin bertanya apakah Anda dapat memberikan saya data2 guide jogja yg memiliki licensi, karena saya sedang mencari guide jogja,surabaya dan sekitarnya untuk saya ajak kerja sama. Saya mencari guide yg paling utama jujur,giat dan ramah. Dapatkah Anda memberikan saran?
    Mohon sekiranya Anda berkenan menjawab pertanyaan saya.

    Best regard

    Ike fm

  2. admin

    hpijogja menjawab;

    data guide menjadi kewenangan pengurus, dmn utk kepentingan kerjasama bisa dialamatkan surat (proposal-sms-dst) kepada sekretariat dpd jl laksda adisucipto km 7 telp 487650 atau hpi_jogja@yahoo.com dan bisa pula kepada dewan pimpinan cabang hpi kota maupun sleman..
    Ike dan siapapun silahkan menghubungi pengurus, kami siap menyediakan 11 profesional guide termasuk berbahasa dan berkualifikasi yg dimaksud.
    terimakasih

    admin

  3. deva

    selamat siang, saya deva mau tanya kurus guide 2014 dibuka kapannya??
    syaratnya apa saja terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s