Tour quotation yang tidak berpihak kepada tour guide

Berikut ini adalah kutipan  dari  sebuah penawaran  paket wisata yang ditawarkan melalui email dari sebuah travel biro yang kepada calon calon wistawan asing yang akan berkunjung ke Yogyakarta, dan informasi ini bersifat private dan rahasia.

Duration : 8 – 9 hour
Pick up location : Hotel in Yogyakarta area.
Drop off location : Adi Sutjipto Airport, Yogyakarta (as requested)

The tour will cover visits to both the world’s biggest ancient monument and the most famous Hindu temples complex in Prambanan plain. Begin your tour in the morning drive to the northwest of Jogja (about 42 kilometers)…..Later on way visit to Pawon and Mendut temple nearby on the way to Prambanan. In Prambanan, spend the rest of your time by walking around the complex…….

Inclusions:

 Air-conditioned private transport (Inclusive driver and petrol).

 Entrance tickets and all admission fees.

 English speaking tour guide (Other speaking language, by request).

 Breakfast and lunch.

 Mineral water during tour.

 Tipping for guide & driver

Exclusions:

 Flight ticket to Yogyakarta.

 Accommodation.

 Personal expenses.

 Any other item not specified as inclusions…..

Yang tertulis di atas jelas tidak menguntungkan tour guide untuk memberikan service yang lebih karena pembuat paket wisata dengan jelas telah menuliskan  bahwa harga termasuk tip untuk tour guide dan driver. Trik ini bisanya digunakan untuk memberi image bahwa harga paket tour di atas lebih reasonable dibanding dengan harga tour dari kompetitor. Hal yang seperti di atas terjadi karena  perjanjian antara konsumen dan travel  biro tidak diketahui oleh tour guide, sehingga hal-hal yang merugikan tour guide juga tidak mengetahuinya dan kalaupun tahu tidak pernah tour guide memprotes kebijaksanaan seperti itu.

Tip adalah hal yang tabu untuk dibicarakan akan tetapi apabila dimasukkan dalam quotation akan terlihat bahwa harga yang ditawarkan terlihat sangat reasonable, travel biro akan berdalih dengan mengatakan bahwa tamu dari negara itu tidak punya kebiasaan untuk memberikan Tip untuk tour guide.

Sebenarnya apabila tertulis di dalam quotation atau tercantum di dalam agreement bahwa tip untuk tour guide termasuk di dalam harga, tip akan otomatis menjadi hak mutlak tour guide dan tour guide berhak meminta tip dari perusahaan atau travel biro,  harus diberikan travel biro di luar guide fee yang diberikan.

Menghalangi tamu memberi tips tour guide seperti tertulis dalam quotation di atas adalah tindakan yang sangat tidak manusiawi dan dapat dikatakan sebagai tindakan l’exploitation del’homme par l’homme yakni tindakan memperbudak  tour guide untuk mendapatkan untuk keuntungan sebanyak-banyaknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s