Asuransi untuk tour guide

Tour guide adalah sosok perkerja pariwisata independent, seorang pekerja pariwisata free lance yang hanya tidak bergantung pada suatu lembaga atau perusahaan manapun, berdiri  sendiri sebagai pekerja sekaligus sebagai lembaga independent yangmenyediakan dirinya sendiri sebagai penyedia jasa pariwisata.  Pekarjaan sebagai tour guide adalah pekerjaan yang mengandung resiko yang sangat tinggi karene selama bekerja hampir 40% waktu yang tersedia digunakan  untuk  bergerak didalam mobil dari satu obyek ke obyek yang lain.

Dalam menyediakan jasa pariwisata tour guide dibayar berdasarkan durasi berapa lama tour guide bekerja atau berapa hari tour guide bekerja, pembayaran fee tour guide  bersifat bayar putus artinya lembaga atau pekerja yang mempekerjakan tour guide hanya membayar fee sesuai dengan durasi kerja dan dan tidak ada asuransi yang mencover guide artinya perusahaan dimana guide bekerja tidak bertanggung jawab terhadap resiko yang  terjadi dengan guide.

Sebagai pekerja independent maka tour guide tidak ada yang menjamin kesejahteraannya  oleh sebab itu tour guide harus bertanggungbjawab terhadap diri sendiri maupun keluarganya. Tour guide tidak perlu lebai untuk menghabiskan waktu untuk meminta belas kasihan perusahaan dimana ia bekarja. Untuk itu sangat disarankan sebagai pekerja independen tour guide menjadi peserta asuransi untuk mendapatkan sedikit jaminan kesehatan bagi dirinya sendiri atau kelurganya.  Asuransi yang murah namun dapat mengcover resiko untuk tour guide dan kelurganya yang diperlukan untuk hal tersebut, dan ini akan sangat bermanfaat ketika tour guide sedang sepi order.

Salah satu perusahaan asuransi yang disarankan untuk tour guide adalah Jamsostek.  Asuransi ini dapat diikuti oleh perkerja independent seperti tour guide  tidak perlu lembaga atau perusahaan yang menjamin, cukup tour guide setor langsung setiap  bulan, sesuai dengan buged. Untuk keterangan lebih jelas silakan hubungi Mr. Suhaemi  (Guide Prancis).

Berikut ini tabel asuransi Jamsostek

2 thoughts on “Asuransi untuk tour guide

  1. Ping balik: Guide Bekerja Untuk Empat Hal « HPI JOGJA-Jogjakarta Tour Guide Association Official Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s