Menyambut Musim tourist 2011

Menyambut Musim tourist  2011

Bulan Juni adalah awal liburan besar di Indonesia dinama di Yogyakarta akan terjadi lonjakan kedatangan wisatawan nusantara sampai awal July dan disusul dengan lonjakan kedatangan wisatawan manca negara ( musim panas) sampai akhir bulan Agustust  dimana liburan Idul Fitri akan berlangsung pada akhir Augustus. Satu minggu sebelum lebaran dan 1 minggu setelah Idul Fitri akan terjadi arus mudik sehingga diperkakan akan terjadi banyak kemacetan pad akhir Agustus 2011.

Musim libur bulan Juni sampai dengan Agustus adalah musim panen bagi tour guide, dimana order tentunya akan sangat berlimpah , tetapi  saat itu juga masa awal tahun ajaran dimana untuk tour guide yang mempunyai anak sekaloh akan terbebani dengan pengeluran dana yang tidak sedikit untuk memulai tahun ajaran baru berikutanya, ditambah dengan banyaknya pengeluaran  hari raya Idul Fitri, juga  liburan tahun 2011 ini liburan yang susul menyusul sangat perlu diwaspadai oleh setiap tour guide,  selama bulan Agustus adalah bulan puasa, akan menjadi tantangan  berat tersendiri untuk tour guide yang menjalankan puasa , dan masa  dimana tour guide di Jogja harus selektif memilih jadwal sehingga tidak terjadi jadwal yang bolong-bolong, karena ketidak cermatan tour  guide dalam menyusun order yang diterima.

Pandapatan tour guide  selama musim libur dapat dikalkulasi  sebagai berikut:
Bekerja selama 2 bulan ( 2 x 30 hari) berturut-turut  dapat digambarkan secara kasar dengan asusmsi  guide berkerja non stop 2 bulan (60hari) dan mendapatkan  rata-rata guide fee adalah RP 150.000/hari  (60 x Rp 150.000) = Rp 9.000.000 (tidak termasuk undeclared revenue seperti sisa expenses, kms  artshops, jualan tour optional dan gratuity), dengan angka tersebut nilai rupiahnya kelihatan tinggi, akan tatapi dalam untuk mencukupi kebutuhan pada bulan July Agustus akan teramat berat, dan angka tersebut tidak  dapat digeneralisasikan untuk  seluruh tour guide,  pendapatan untuk tipa guide tidak sama misalnya untuk English speaking tour guide angka tersebut dapat dengan mudah didapat karena request akan sangat tinggi, akan tetapi untuk French speaking tour guide akan  sangat-sangan sulit dicapai karena  tour itinerarynya  orang Prancis berbeda dengan orang berbahasa Inggris  sehingga pendapatanya akan lain, berbeda pula dengan Russian speaking tour guide yang mempunyai tarif fee tinggi tetapi jumlah tamunya sedikit, juga berbeda dengan Japanese Speaking Tour guide.

Berikut adalah saran agar tidak terjadi order yang bolong-bolong:

  1. Rajin-rajinlah datang atau memberitahu  travel agent untuk memberitahu status jadwal anda, kapan and kosong dan kapan anda punya order.
  2. Rajin-rajinlah menberitahu teman status jadwal anda kapan and kosong dan kapan anda punya order  sehingga antara tour guide dapat sharing  untuk megisi kekosongan oder .
  3. Jangan  takut untuk menanyakan apakah order yang diterima memang sudah  fixed status atau belum. Berdasarkan pengalaman travel biro akan membooking tour guide selama musim tourist walau stautus  tamu belum jelas untuk order yang belum jelas sebaiknya tour guide harus berani untuk mengkensel dan menerima order yang sudah jelas statusnya.

Semoga dapat memberi inspirasi.

One thought on “Menyambut Musim tourist 2011

  1. iska diyah susana

    Saya lu2san D3 AMPTA yogja umur 27th apakah ada posi2 utk pastry??? Saya pernah OJT di jayakarta hotel selama 6bln bagian pastry dan skrg kerja di ambarrukmo plaza di china food

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s