Five Star Tour Guide

Asal  sebutan “five star tour guide”

Guide Bintang Lima yang tertulis di   artikel  Mas Andi dalam artikel, berbeda sama sekal dengan versi “five star tour guide”  berdasarkan versi  kami .

Asal kata “five star tour guide” istilah yang meniru kelas hotel,  kami  gunakan adalah berdasarkan pengalaman kami pada tahun 2005, Saat tour guide di seluruh Jogja masih menunggu hanya “tetesing embun” dari hasil komisi dan tips tamu,  pada tahun itu untuk pertama kali ada sebuah website versi professional buatan tour guide yang dilaunching  dan 2 minggu setelah itu saya mendapatkan 2 couples orang India yang tinggal di Singapura,  untuk pelaku pariwisata orang India adalah hal yang perlu dihindari karena wataknya, cerewet, hingga tidak satu travel agentpun  yang berminat untuk mengurus tourist dari India.

Dari hasil negosiasi didapatkan bahwa meraka akan mengambil tour 4 hari dengan akomodasi seperti request meraka di Melia Purosani, dengan mengambil  Paket Jogjakarta Tour dengan Dieng Tour, dan dari hasil meeting service di hotel, terkuak kalau profesi  mereka adalah pengacara  dan  director marketing Shell untuk wilayah Asia Pacific, Shell adalah perusahaan minyak Belanda.

Group orang India  ditemani oleh Mr. Wawan sebagai tour guide, dari hari ke hari tour berjaln lancar. Singkat kata pada statement  yang dikirim melalui email Mr. Prabhakar, nama sang tamu yang  fasih juga berbahasa Belanda, karena lama tinggal di kantor pusat markas Shell di Denhaag, anaknya, kuliah di MIT, itu ITB nya Amerika, dan tentu hanya orang orang smart yang berinteraksi dengan internet,dan mempercayai reputasi tour operator on-line. Mengatakan bahwa “Hello A1, We are very enjoy our trip in Jogjakarta, you are  really a five star tour guide, and one day we will recommend you to assist our friend!”

Menyakinkan orang India yang merupakan seorang pengacara adalah bukan hal yang mudah, karena transaksi akan terjadi dengan sangat detail, term and conditions yang tersedia ketika kita mambuat agreement harus diterangkan secara detail, adalah kebanggaan kita untuk dapat yakin mereka dengan tawaran kita. Bagaimana tidak seorang tour guide yang sehari-harinya bekarja berdasrkan order, sekarang harus bekarja sebagai tour operator, yang menawarkan service, menyakinkan orang, dan menyiapkan service untuk orang India yang rewel, sedangkan  untuk tour guide tentunya akan sangat berat untuk memandu orang India yang kritis yang akan menghujani tour guide dengan berbagai macam pertanyaan, sehingga tensi sebagai tour guide akan sangat tinggi sehingga tidak seperti biasanya, ajak tamu  shopping,  terima komisi, terkantuk-kantuk.

Maksud dan tujuan
“Five Star Tour Guide” adalah kelakar kami, untuk memberi perhargaan teman-teman dekat saja tentu saja, dan berlaku hanya dikalangan terbatas,  dan tidak berlaku bagi orang lain di luar kalangan. Kalaupun sebutan itu ditujukan untuk orang lain,  maka yang dimaksud five star tour guide adalah tour guide yang mempunyai kemampuan untuk menaklukan tantangan dalam dunia pariwisata, menaklukan orang India adalah contohnya, dan sebutan  hanya untuk tour guide yang  dianggap oleh  memenuhi kriteria  antara lain:

1. Mempunyai Standard kompetensi seperti yang ditetapkan oleh HPI.
2. Mempunyai reputasi ZERO komplain dari tamu yang dipandu ataupun dari pemberi order.
3. Mempunyai jiwa entrepreneur.
4. Mempunyai jiwa enterteiner dalam aktivitas memandu.
5. Non Shopping minded tour guide.

Untuk orang lain boleh menyebutkan dirinya sebagai “five star tour guide” apabila telah memenuhi persyaratan tersebut di atas, apabila belum memenuhi persyaratan diatas berarti belum pantas menyebut dirinya sebagai “five start tour guide” karean hanya individu tour guide sendirilah  yang mangetahui apakah dia dapat disebut “five star tour guide” atau belum.  Sebutan “Five Star Tour Guide” itu hanya ada di dunia virtual saja  tidak dapat wujudkan dalam bentuk serifikat atau pengakuan resmi dari HPI.

2 thoughts on “Five Star Tour Guide

  1. Ping balik: LAGI GUIDE BINTANG-5 « HPI JOGJA-Jogjakarta Tour Guide Association Official Blog

  2. opus likumahuwa

    Salam hangat dari kami “ BOLO RESTO” sebuah restaurant yang teletak di JL. Kledokan CT depok Sleman Yogyakarta ( AMPLAZ ke Timur ada SPBU ke kiri 200m Kanan Jalan ), dengan kapasitas tempat hingga 200 orang, kami mempunyai fasilitas :
    1. Parkir Gratis
    2. Mushola
    3. Sound System
    4. Lobby Lounge
    5. Space Umbrella
    6. Toilet Bersih
    7. Baby Spa
    Kami menawarkan space tempat secara Cuma-Cuma atau gratis, tanpa harus paket makanan ataupun minuman ,,bisa untuk :
    1. Art performance
    2. Pentas seni
    3. Seminar
    4. Miting
    5. Kumpul2 Komunitas
    Disediakan,
    1. Space tempat
    2. Sound System
    3. Lay Out Board
    Demikian penawaran kami sampaikan sebagai wadah untuk memfasilitasi rekan2 dalam hal kebutuhan tempat dan uang lainnya….

    Monggo kami tunggu , info lebih lanjut bias menghubungi
    OPUS : 083840038693
    0274-4533778
    http://www.dapurboloresto.blogspot.com
    pasto275@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s