Tour guide futuristik (1)

Dari diskusi  non formal di antara tour guide yang mempunyai visi yang maju, tentang pariwisata dan prospekya dimasa mendatang didapat sebuah istilah yang baru yakni “tour guide futuristik” . Kata futuristik adalah kata yang menjelaskan sesuatu ada pada saat ini akan tetapi bersifat masa depan, sehingga khalayak umum saat  dimana banda atau orang berada, belum dapat menerima, akan tetapi apa yang disebut futuristik akan menjadi biasa pada massa mendatang,  misalnya jika pada jaman Majapahit orang naik sepeda motor orang akan mengatakan bahwa sepada motor adalah kendaraan futuristik. Kata futuristik adalah kata yang menjelaskan sesuatu ada pada saat ini akan tetapi bersifat masa depan, sehingga khalayak umum belum dapat menerima, akan tetapi apa yang disebut futuristik akan menjadi biasa pada massa mendatang, dapat digambarkan makna kata futuristik, misalnya jika pada jaman Majapahit orang naik sepeda motor orang akan mengatakan bahwa sepada motor adalah kendaraan futuristik.

Didalam dunia pariwisata dikenal dengan adanya tour guide professional dan tour guide futuristik. Pengertian tour guide professional adalah orang yang bekerja menjadi tour guide semata-mata untuk tuntutan kehidupan sehari –hari.  Sedangkan yang disebut  tour guide futuristic adalah tour guide yang mempunyai kemampuan tour guide professional, ditambah dengan kemampuan untuk mengolah dan mendapatkan hasil dari dunia pariwisata.

Kita lihat perbedaannya…..

Ketika tour guide yang lain sedang bersusah payah menawarkan jasanya ke travel biro, seorang yang disebut sebagai tour guide futuristik  dengan hanya duduk di rumah, pada waktu yang besamaan dapat  mengadakan  komunikasi dengan orang yang  tinggal di Rusia, Singapura, Malaysia dan California dll untuk menawarkan jasanya.  Ketika tour guide professional menjelaskan sebuah obyek wisata, pada waktu yang bersamaan tour guide futuristic mampu  menjelaskan obyek-obyek wisata yang ada di Indonesia .

Ketika tour guide professional menjelaskan sebuah produk kerajinan seorang tour guide futuristic mampu menjual obyek wisata, jasa reservasi hotel  atau jasa transport.

Ketika seorang guide professional bekerja diobyek wisata dengan berpakaian necis menggunakan seragam yang disarankan travel biro yang memberi order, bersepatu, berparfum ria, seorang guide futuristic hanya memakai sarung dan berkaos oblong untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh diluar negeri, yang mingkin berdasi dan mungkin dari sebuah kantor yang ber AC

Disaat tour guide professional berusaha mendapatkan fee tinggi dengan segala macam usaha ini dan itu, tour guide futuristic telah mendapatkan fee yang berlipat-lipat melampaui standard fee yang ditetapkan sendiri, dan tidak memerlukan banyak bicara tidak memerlukan diskusi tingkat tinggi dan meeting yang tidak pernah selesai.

Untuk membuat kominikasi tour futuristic dengan orang-orang diseluruh dunia, sama sekali  tidak memerlukan penguasaan berbagai bahasa asing yang memerlukan waktu dan biaya untuk mempelajarinya, cukup mengusai mengusai sebuah bahasa global modern yang disebut Hyper Text Markup Language bahasa universal yang dipahami oleh umat manusia di seluruh dunia

Tour guide futuristic perlu hanya mendapatkan pengakuan dari Google and Yahoo, pengakuan dari operator kartu credit, bank ,atau pemberi credit, sama sekali   tidak memerlukan  pangakuan dari teman sajawat, tidak memerlukan komunitas atau organisasi pengayom apalagi  legalitas atau sertifikasi dari mana saja.

Bagi tour guide futuristik tidak dikenal adanya “adang-adang tetesing embun” yakni  berspekulasi menunggu uang dari hasil komisi belanja tamu dan mengharap akan datangnya tips dari tamu yang dipandunya, akan tetapi  guide futuristik hanya mengenal  “request  payment”  melalui transfer PayPal, gesek  dengan cartu credit atau Bank Transfer.

Untuk dapat disebut sebagai tour guide futuristic, hanya  apabila tour guide dapat bekerja di jaringan international  atau mampu  bekerja dijaringan global. Itulah sosok seorang  yang disebut sebagai tourism guide, akan memandu calon wisatawan  bagaimana cara mengunjungi obyek-obyek wisata di Indonesia dan  bukan tour guide bekerja dilapangan  bersusah payah memandu wisatawan menerangkan obyek akan tetapi memandu wisatawan untuk datang ke Indonesia. Tour  guide futuristic adalah tour guide yang mempunyai kemampuan jauh melebihi kemampuan sebagai tour guide biasa yang hanya mampu menjelaskan obyek wisata saja, akan tetapi mampu mengolah potensi pariwisata suatu daerah mulai dari memperkenalkan ke dunia international  menjual sebuah obyek wisata dan memanen keuntungan dari sebuah obyek –obyek wisata di Indonesia.

Note: artikel ini hanya ditujukan untuk kalangan terbatas dan tidak dapat dipertanggunjawabkan secara akademis.