TEKAD HPI SLEMAN

Pelantikan sederhana Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia Sleman 2010-2014 oleh Ketua DPD HPI DIY hari Rabu 12/1/11 di Aula Disbudpar Kabupaten Sleman adalah penguatan struktur DPD setelah Muscab I DPC Sleman Desember lalu. Acara diawali Mars HPI dan mengheningkan cipta untuk penciptanya Alm Paulus Sunarpadmo dan dilanjut syukuran yang dihadiri Anggota DPD DIY dan perwakilan DPP HPI, undangan Polpar Sleman, JTTC, LSP Par, PHRI DIY menyusul berdirinya DPC Kota Yogyakarta akhir  2010.

Kadisbudpar Kab Sleman Bpk Drs. Untoro Budiharjo berharap dari struktur HPI ini jangan hanya melengkapi papan nama organisasi tanpa kegiatan berarti. Dengan pengalaman panjang HPI diharapkan ikut memberdayakan pengelolaan daya tarik wisata Sleman terutama di wilayah Kaliadem, Cangkringan dan 5 Desa lereng Merapi lain paska erupsi, disana masing-masing 200an pengelola yang perlu bimbingan dan pembinaan dari sisi pemanduan wisata atas turis yang terus berkunjung.

Pengurus transisi DPC HPI Sleman berjumlah total 17 orang, dimana 75%-nya adalah personil DPD HPI DIY 2009-2013. HPI Sleman dikomandani Kabid Organisasi DPD, yakni Heri Susmardiyanto yang mengemban amanat Muscab Sleman Desember lalu agar bertugas menyiapkan elemen sistem keorganisasian sesuai konstitusi diantara 184 guide legal yang sebagian kecil ber-KTP Jateng namun mengurus lisensi guide dari Disbudpar Kab Sleman. Yang pasti ke depan mekanisme urusan asosiasi pemandu akan terpetakan secara struktural dari DPP – DPD dan DPC HPI di ujung tombak misi organisasi.

Untuk itulah usai pelantikan Ketua DPC mengumumkan awal kegiatan Sleman Bangkit 30/1 dengan Senam Masal HPI Bersama Masyarakat Jogja di halaman Museum Gunungapi Merapi Jalan Kaliurang Km 22 serta dilanjut kemudian program senam bersama di Taman Wisata Candi Prambanan. Selain berusaha dekat dengan Disbudpar Sleman dan stakeholder juga konsolidasi ke dalam, Heri berharap bisa membantu peningkatan kesejahteraan dan profesionalitas guide dengan lebih sering berkomunikasi khususnya di wilayah DPC Sleman.

Akhirnya perlu dicermati khalayak bahwa sebagai Pramuwisata professional, para pengurus tersebut bersedia mengutamakan kepentingan Organisasi di atas kepentingan Pribadi dan atau Golongan. Mereka berjanji tidak melanggar aturan AD-ART dan Peraturan Organisasi. Melengkapi laporan ini ada tulisan kawan HRJ berjudul Bravo HPI di http://www.facebook.com/#!/home.php?sk=group_136788669716282 Selamat bertugas kawan, mengibarkan BENDERA kita.. masa depan HPI berada di pundak kalian.. *[]

One thought on “TEKAD HPI SLEMAN

  1. andi

    PRESS RELEASE:

    Setelah Dilantik,

    Pengurus HPI Sleman Lakukan Konsolidasi Internal

    Pengurus Himpinan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Sleman telah dilantik oleh Ketua DPD HPI DIY Andi Muhdiuddin, Rabu 12 Januari 2011 di Disbudpar Sleman. Sebagai ketua Heri Susmardiyanto, Sekretaris Chandra Prabantoro, Wakil Sekretaris Budi Legowo, Bendahara Puji Astuti, Wakil Bendahara Hartini. Hadir dan turut menyaksikan dalam pelantikan tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Drs. Untoro Budiharjo, para Kepala Bidang di lingkungan Disbudpar Sleman, insan dan stakeholder pariwisata diantaranya PHRI DIY, ASITA DIY, HPI DIY, maupun lembaga-lembaga pendidikan pariwisata.

    Selain pengurus inti tersebut juga sekaligus dilantik Kepala Bidang Organisasi Hassan dengan wakilnya Sunardiyono, Kepala Bidang Kesra Erna Wulandari dengan wakil Martono, Kepala Bidang Pendidikan Luna Purwana dengan wakil Arief Mustofa dan Haryadi Sarjian.

    Menurut Ketua DPC HPI Sleman Heri Susmardiyanto, pihaknya akan segera melakukan konsolidasi internal sebelum menyusun langkah-langkah strategis kedepan. Menurutnya pengurus tidak akan dapat bekerja dengan baik tanpa partisipasi aktif dari para anggota yang saat ini tercatat 180 pramuwisata dari berbagai spesialisasi bahasa. Untuk itu diharapkan agar para anggota HPI Sleman untuk aktif proaktif dalam memajukan kelembagaan maupun program kerja kedepan agar nantinya HPI Sleman dapat benar-benar berkontribusi positif terhadap kemajuan pariwisata.

    Sebagai wujud kebersamaan pihaknya pada hari Minggu 30 Januari 2011 di Halaman Museum Gunungapi Merapi (MGM) pukul 07.00 WIB mendatang akan menyelenggarakan Senam Massal yang diikuti oleh sekitar 1.000 (seribu) orang anggota beserta keluarga pramuwisata se DIY serta pelaku dan lembaga kepariwisataan di DIY. Diharapkan momen tersebut merupakan awal dari kebangkitan pramuwisata untuk mendukung kebangkitan pariwisata di DIY. Disamping itu juga dimaksudkan untuk menciptakan soliditas pengurus dan anggota HPI DIY maupun HPI Sleman, serta serta soliditas aksi dan kebersamaan antar insan dan stakeholder pariwisata di DIY. Lebih diharapkan lagi momen tersebut akan membangkitkan rasa handarbeni dan rasa cinta yang tinggi terhadap DIY sebagai kota pariwisata.-

    Sleman, 13 Januari 2011

    Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata

    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

    Wasita, SS, MAP

    SMS Hotline 085743961968

    Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

    Kabupaten Sleman

    Jl. Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman

    Yogyakarta Telp/Fax:0274-869613

    Website : http://www.tourismsleman.com,

    Email/FB : prtourismsleman@yahoo.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s