Guide Bernama Sunarpadmo

Insan pariwisata, keluarga besar HPI pada khususnya kembali kehilangan anggota seniornya, yang berpulang ke rumah Bapa pada hari Kamis tanggal 23 Des lalu. Beliau adalah Almarhum, mas PAULUS  SUNARPADMO , yang meninggal pada usia 60 tahun . Lahir pada tanggal 31 Des 1950 di Jogjakarta.

Almarhum , memiliki jam terbang kurang lebih 38 tahun sebagai Pemandu Wisata , awalnya mengabdikan dengan bahasa Inggris , untuk kemudian meningkat menjadi Guide dengan spesialisasi Bahasa Belanda. Almarhum pernah juga menjabat sebagai korodinator Divisi Belanda pada awal tahun 90an , kemudian juga menjadi Ketua HPI  DPD  DIY pada awal tahun 2000-an. Pada saat Munas HPI diselenggarakan di Jogja tahun 2003 , almarhum menjadi tulang punggung sebagai koordinator.

Selain itu, almarhum juga memiliki banyak kelebihan , utamanya di bidang seni. Almarhum, Mas Sunarpadmo sangat mahir menguasai ilmu perdalangan, seringkali mengadakan pertunjukan Wayang Kulit di awal tahun 1990an
dulu. Dan kemampuan Almarhum di bidang seni, masih bisa kita warisi sampai saat ini, yaitu Lagu mars HPI, yang merupakan karya abadi almarhum.

Tanpa mengingkari kehendak sang Pencipta, bahwa perjalanan almarhum harus berakhir pada hari Kamis , 23 Desember 2010 , perlu diinformasikan dalam kesempatan ini , bahwa pada pertengahan bulan Aug 2008 , beliau mendapat tugas dari biro perjalanan raksasa bernama PACTO ! membawa 2 orang tamu overland dari Jogja menuju Bali.  Saat itu, selepas turun dari Bromo , almarhum kecapaian, dan berakibat pada naiknya TENSI tekanan darahnya. Kebetulan obat yang biasa dikonsumsi, pas lagi habis, sementara di Ijen, di tengah hutan, tidak ditemukan apotik.

Semestinya almarhum harus menghentikan aktivitas guiding, pulang dengan status emergency untuk kemudian mendapatkan perawatan yang lebih layak. Tetapi , karena tugas dan tanggung jawab almarhum terhadap kewajibannya sebagai Pemandu Wisata , mas Padmo memutuskan untuk tetap menjalankan tugasnya sampai selesai.

Sangat disesalkan, tetapi itulah yang terjadi, sehingga Mas Padmo pulang ke Jogja bersama dengan mobil yang disewa Pacto waktu itu, tidak pulang dengan cara emergency. Dan sesampai di Jogja , langsung opname, dengan kondisi STROKE yang sudah agak kasep mendapatkan pertolongan pertama dokter !

Sekitar 10 an hari beliau opname , tanpa sepeserpun santunan biro perjalanan yang mempekerjakannya, dan setahun penuh, almarhum menderita kelumpuhan ! Dan sangat memprihatinkan, karena stroke yang menyerangnya juga menyebabkan daya ingat beliau mengalami kerusakan , termasuk daya ingat kosakata kedua bahasa asing yang dikuasainya sewaktu masih sehat.

Dengan ikhtiar yang tidak kenal putus asa, dan semangat untuk bias kembali sembuh yang luar biasa, akhirnya beliau bisa kembali beraktivitas, walaupun masih dgn kelemahan fisik di beberapa bagian tubuhnya.Termasuk daya ingat yang berhasil didapatkannya lagi. Beberapa kali mas Padmo sepanjang tahun 2010 bisa menunaikan tugasnya sebagai pemandu wisata. Mas Padmo masih menghadiri Muscab Sleman dalam keadaan bugar pada hari Sabtu , tanggal 18 Desember 2010 lalu.

Tuhan berkehendak lain, Disaat keceriaan menjelang perayaan natal tahun ini, mendadak mas Padmo kembali aanval , pada hari rabu 22 des lalu, dan menyebabkannya meninggal.  Kita yang ditinggalkan, mendapat pelajaran penting dari kasus almarhum, utamnya kepada kawan kawan yang sering melakukan perjalanan luar kota / overland, untuk mengutamakan kesehatan diatas apapun!!!  Kepada mas Padmo, kami doakan agar arwah almarhum diterima di sisi Tuhan YME , dan juga kepada keluarga yang ditinggalkan, 2 putri yang sudah dewasa ( kurang lebih 1 bulan yang lalu , mas Padmo menikahkan putri sulungnya ) , sementara putri ke-2nya justru sudah mendahului menikah , 5 tahun silam.

Selamat jalan sahabatku , mas Sunarpadmo ! Kau akan selalu kami kenang ! GOEDE  REIS NAAR DE HEMEL , MENEER PADMO !!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s