Hpi Jogja go international

Kalau diperhatikan dari daftar pengunjung website HPI Jogja, yang ada di table IP  harian pengunjung yang ada deserver www.hpijogja.org ataupun pengunjung website di https://hpijogja.wordpress.com,  kok ada yang pengunjung yang berasal dari negara-negara asing sperti Balanda, Jepang Inggris dll… Loh kok bisa website berbahasa Indonesia kok diakses oleh berbagai orang tiap hari seluruh didunia..  waah berarti tour guide di Jogja telah go International ..! Hebat-hebat… ternyata walaupun anggotanya kebanyakan gaptek, tidak punya email, tidak tahu internet apalagi facebook .. eh ternyata websitenya sudah mendunia. .. Wah wah  yang ini  bisa-bisa menyebabkan mbak Sri putus asa .. karena kemajuan tour guide (hanya untuk tour guide yang ingin maju mentality dand professionalism-nya) tenyata.. tidak dapat dihentikan dengan ancaman diblaklist yang beliau lancarkan. Dilihat dari halaman yang banyak dilihat oleh pengunjung luar Indonesia adalah halaman “Members”. .. loh kok “Members” saja yang banyak diklik, apa yang lain tidak diklik ??

Betul, betul, betuuul… setelah diperhatikan  banyak eks-tamu, yang surfing di website HPI Jogja untuk  melihat apakah tour guide yang pernah memberikan sevice untuknya adalah tour guide yang tercatat atau tidak, apakah tour guide yang professional atau hanya temporary tour guide saja, mencari alamat tour guide, atau orang yang tertarik dengan Yogyakarta yang ingin mendapatkan informasi pariwisata lebih yang bersifat independent yang  diterbitkan oleh HPI Jogja.  Penulis berasumsi itulah salah satu  manfaat daftar nama tour guide di Jogjakarta di website ini, karena apabila ada orang mendapatkan nama tour guide tercantum didaftar tersebut, orang akan yakin  bahwa dia telah  mendapat service yang aman,  serius exclusive selama berkunjung di Jogja, karena telah dilayani oleh seorang   tour guide professional yang tercatat (registered tour guide).

Menjadi member HPI Jogja juga tidak sia-sia karena dengan cara itulah anda dikenal dan dihargai sebagai orang yang berprofessi tour guide.   Akan tetapi untuk sebagai tour guide akan dituntut selalu inovatif, berkembang selalu mengikuti perkembangan jaman, selalu menjaga attitude, selalu bertindak professional.. sehingga reputasinya akan selalu terjaga dengan baik .. hingga mempunyai nilai jual berstandard international … karena memang sebagai tour guide di Jogja kita juga diperhatikan oleh user kita yang ada di luar negeri.

Ehh.. ternyata guide di jogja mempunyai nilai jual yang berstandar International ..loh. Karena dari hari ke hari semakin banyak ex-tamu atau orang yang tertarik untuk berkunjung ke Jogjakarta yang menghubungi  tour guide langsung untuk sesuatu yang urgent, misalnya meminta pertimbangan untuk suatu kunjungan ke tour destinasi selain Borobudur, meminta informasi  tentang hotel, berkonsultasi  tentang tour itinerary dll .. sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa untuk menjadi tour guide yang mempunyai  konpetensi  yang berstandard  international (maaf tidak semua tour guide di Yogyakarta) minimal memenuhi syarat-syarat minimal sebagai berikut:

1.       Mempunyai teknik bahasa yang berkembang.
Dalam menerangkan sebuah objek wisata atau berbicara kepada client dapat dilihat orang tersebut tingkat kemempuan berbicara. Berbahasa yang statis seperti yang didapat selama dikursus tidak akan menarik pendengar, sehingga diharapkan tour guide mencari kosa kata, gaya bahasa atau expressi yang selalu up to date, sehingga pendengar akan faham apa yang anda ingin bicarakan..!

2.       Mempunyai wawasan tentang pariwisata yang memadai.
Obyek wisata yang tidak menarik, akan menjadi sangat menarik apabila dikemas dengan penjelasan wawasan tour guide yang berwawasan luas, disini diperlukan, penggalian ide dan wawasan seorang tour guide, sehingga tour guide akan menjadi seorang entertainer yang menarik.

3.       Mempunyai attitude yang baik.
Belum bekerja sudah mematok fee, belum bekerja sudah minta jatah tip, obyek yang diterangkan sedikit akan tetapi tempat belanja yang diterangkan lebih detail adalah attitude tour guide yang perlu di-upgrade, apabila tidak mohon jangan salahkan teman untuk tidak berbagi dengan anda.  Semua akan datang sendiri sendiri, dan anda akan menjadi orang yang diperebutkan ibarat artis gantheng apabila seorang  anda adalah tour guide ber attitude baik

4.       Mengusai teknologi internet yang merupakan salah satu jembatan untuk menuju ke dunia international. Inilah hal yang penting untuk menjadi tour guide yang go international.

Ada pertanyaaan bagaimana seseorang dapat di kenal diseluruh dunia apabila tidak ada sarananya untuk menuju ke sana?? Lalu sarannya apa dong Mas Herry, Mas Wowon, Mas Andi, Mas Wawan … sampeyan kan dedengkotnya guide  di Jogja, tolong berbagi informasi …. ?? , Mas kalau untuk go international dengan hanphone bagaimana  ??  …hanphone itu  harganya jutaan rupiah tapi … ah sulit untuk go international…paling yang  menelephon sales panci atau yang sms tukang tipu yang akan menulis “Selamat anda mendapatkan undian dari… sebuah mobil Honda Jazz …” !. Dengan  koran … apalagi itu.. habis dibaca .. dibuang dan  yang menemukan nama anda di koran itu hanya tukang loak atau bakul gorengan .. tidak mungkinlah  akan ngorder sampeyan, sebagai tour guide .. mas…!

Lah ya itu mas guide sampeyan iku gaptek..tapi kalau mau maju, sampeyan harus belajar teknologi internet.. ! gak perlu yang rumit-rumit dululah…mulailah  dari hal-hal yang paling sederhana yaitu membuat account email, nanti tahu sendiri.. bahwa dunia ini tanpa batas .. dunia ini tidak seluas godong kelor.. di dunia ini bukan hanya mbak Sri… yang memberi order akan tetap user-user dari luar-negeripun akan memberi order,…anda akan menenukan bahwa negara bukan hanya Indonesia …tapi diseberang lautan ini benar ada negara yang bernama Amerika Serikat, Inggris, Malayasia dll dan ternyata ada orang yang berambut lurus, tidak hanya orang keriting seperti mbak yu-mu…itu ! ternyata benar ada uang yang disebut Dollar Amerika, Poundsterling, Euro, Yen dll… bukan hanya rupiah.

2 thoughts on “Hpi Jogja go international

  1. andi

    – Sangat mengagumkan, tulisan ini penghormatan konsumen tak bisa dikelabui oleh mekanisme sistem booking guide yg tak menghargai profesi..

    – Karenanya HPIjogja menjual ‘guide agency’; kursus IT, kursus guide, memberdayakan anggota lewat koperasi, dan terutama mengajak Guide lebih profesional bekerja melayani tamu..

    – Insyaallah dalam waktu dekat; hpijogja mengadakan kursus sehari tentang IT menggaed wisatawan via web atau diskusi PAY-PAL dst..tidak gratis krena dipandu Para Guide pemilik puluhan BLOG…!

    – Saluute..salaam..e..!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s