FENOMENA BATUAN MERAPI

Bebatuan sebesar itu berserakan di hamparan sawah di tepian Kali Putih, salah satu dari 12 sungai hulu-hilir gunungapi Merapi..hingga berjarak 17 km dari puncak, masih saja membawa batu, setelah debu, pasir dan lumpur.. Ya, ada batuan seukuran 1x2m bahkan yang berhuruf Lillah di atas coretan grafir berlatar gambar sesuatu penuh mistik..batuan itu sebesar 2×3 meter dalam posisi berdiri di atas terpian Kali.

Suasana di Kampoeng Jumoyo sepanjang perjalanan Jogja – Magelang kini berubah sejak 3 jam hujan deras turun dari arah Merapi membawa lahar dingin Minggu 12/12 lalu ketika Lumpur setinggi 60 cm itu memenuhi jalan raya hingga jalan ditutup, jembatan Kali Putih memuntahkan airnya ke badan jalan disamping batu-batu besar turun gunung..Masyarakat membutuhkan waktu 9 jam untuk membersihkan semuanya, baru kendaraan tak lagi putar-putar menghindari kemacetan parah antara Jogja – Magelang.

Ada banyak info berdatangan seputar turunnya berkah paska erupsi Merapi 2010 kali ini, paling mungkin bisa disebut berkah menurut sebuah sumber jika hitungan angka 140juta M3 pasir itu di luar BATU yang secara grosir dihargai total senilai > Rp 7 Triliun, artinya sepanjang aliran pasir Merapi nomer wahid sedunia itu masyarakat panen raya berbulan-bulan menambang emas hitam membalik suasana ancaman menjadi berkah gunungapi. Sumber info dan bacaan lain dari kunjungan sesaat dari erupsi Merapi itu membawa pemaknaan lain, tak sekedar hitam putih..sebagai asset pariwisata Jogja, melebihi lava tour!!

Membaca fenomena Batuan Merapi menjadi tugas guide utk lebih memahami apapun menyangkut pernik hubungan-hubungan dengan kegunungapian dan kebumian di luar informasi pokok tentang obyek wisata Yogyakarta. Jangan dilupakan bahwa dasar-dasar info bebatuan demikian hanyalah melengkapi materi teknik guiding secara professional, yaitu kebutuhan bahasa, sikap, wawasan dan penampilan saat guiding.

Inilah berkah lain dari kunjungan silaturahim kepramuwisataan menemui 18 Guide Anggota HPI korban tak langsung dari erupsi, sekaligus menyalurkan bantuan akhir DANA PEDULI MERAPI. Sisi lain dari kepedulian HPI ikut serta empat kali kerja bakti di Candi Borobudur, minggu depan 19/12 ke kawasan MGM dan Kaliurang untuk maksud yang sama. Sah dan mengakhiri pelaporan keuangan, segera nyusul dalam waktu dekat, tetapi terima kasih tak terhingga kepada handai taulan Sahabat Merapi dimanapun..belajar bersama kami HPI – Insan Wisata Peduli Kemanusiaan! ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s