HPI UNTUK ANAK MERAPI

AHAD pagi 28/11 Chandra, Nadira dan Tarti dari Himpunan Pramuwisata Indonesia mendampingi 41 anak sahabat Merapi dari Stadion Maguwoharjo untuk melupakan sejenak suasana pengungsian anak-anak itu, untuk bernyanyi bercerita didampingi Kakak2 Prikolog UII ke Prambanan – Ratu Boko – Museum Pendidikan UNY dan terakhir ke Taman Pintar di Kota. Acara ini berkat kerja bareng Dinas Pariwisata Sleman dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia dan Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko – Taman Pintar – UNY serta beberapa Universitas Jogja yang memiliki Fak Psikologi (UII, UIN dan UGM).

Tujuan paling penting bahwa 41 murid diantara 3.289 anak-anak usia Sekolah Dasar dari 20an wilayah SD itu perlu lebih memahami makna Gunungapi Merapi sebagai bagian tak terpisahkan dari lingkungan semesta dimana mereka tinggal untuk belajar dan hidup dalam arti luas di luar pemberitaan seputar bencana akibat erupsinya. Bahwa kawasan Merapi dengan Kinahrejo, Pangukrejo maupun Cangkringan masih membawa hal lain lebih positif untuk masa depan anak-anak Sekolah Dasar itu, melupakan sejenak namun lebih berdampak pembelajaran bagi anak dan keluarga.

Tanah tempat berpijak serta lingkungan disana perlu memberi ruang pada aktivitas Merapi, karena erupsi justru akan menyuburkan dan memberkahi. Perjalanan pagi ini adalah upaya penyembuhan dan melihat masa depan dengan bernyanyi melihat kesejarahan Merapi. Tak terperi memang pengalaman trauma kebencanaan, namun Guide dan Psikolog akan bercerita dan mengajak bermain memahami lebih baik untuk mensyukuri keberadaan serta berkah kesuburan di kemudian hari. Karena mereka adalah generasi penerus peradaban lereng Merapi yang akan mencerahkan tanah tempat burung berkicau, air jernih mengalir dan dedaunan menghijau.

Anak-anak adalah bagian dari gairah masa depan keindahan Indonesia, yang kelak mencerahkan dan membawa kesuburan tanah Merapi. Program ideal serupa dari DPD HPI Daerah Istimewa Indonesia adalah fam-trip bagi group sahabat Merapi lain dengan route yang sama akan dilaksanakan hari Selasa 30/11 berangkat dari GOR Pangukan, Sariharjo, Sleman.

Diantar Bus Bimo group terakhir akan diberangkatkan pada hari Rabu pagi 1 Desember 2010 dari Youth Center / Masjid Agung Sleman menuju titik destinasi yang sama. Para Pemandu Wisata HPI beserta Psikolog UII akan bertugas mendampingi keceriaan pelajar ini menatap esok lebih bermakna. Mari suburkan lereng Merapi dengan idealisme bahwa tanah seisi kawasan akan lebih harmonis jika mengambil pelajaran dari aktivitas menghebohkan gunungapi ini.***

2 thoughts on “HPI UNTUK ANAK MERAPI

  1. I Made Bartha

    Bravo HPI kalau memang diperlukan banyak teman yang bersedia jadi relawan untuk mempercepat pulihnya kejiwaan anak-anak korban aktifitas merapi.// usulan sebaiknya sebelum memandu mereka bahan ceritra didisign dulu jangan sampai tujuannya baik hasilnya lebih memperparah trouma mereka suwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s