Fam Trip Sahabat Merapi

Gunung api aktif Merapi secara seismik akan selalu mengeluarkan lahar mematikan namun sekaligus membawa kesuburan. Aktivitasnya tahun ini mengingatkan warga Jogja pada erupsi 1994 dan 2006 lalu, berbagai kalangan lalu mewacanakan pentingnya pola hidup harmonis agar bersahabat dengan aktivitas Merapi. Penduduk perlu membaca kebiasaannya dan lebih arif bersanding dengan karakternya. Ya, manusia harus bersahabat dengan alam di kawasan Merapi, dan kehidupan yang terbangun disana perlu berproses sesuai watak gunung api itu.

Berbicara Sahabat Merapi ini ingatan tertuju pada ribuan murid dari 28 buah Sekolah berbeda yang rusak karena erupsi. Selengkapnya berjumlah 3.289 pelajar yang hidup pindah-pindah tak pasti di barak-barak Pengungsian Stadion Maguwoharjo, generasi Sahabat Merapi di Jogja Expo Center, di Kampus-kampus dan seterusnya. Mereka harus belajar dengan penanganan khusus, namun perlu terhibur membuka diri dan berwisata interaktif tentang gunungapi sekaligus kegiatan yang mengalihkan perhatian dari sekedar peristiwa erupsi. Ya, anak-anak harus terbebas dari beban penderitaan oleh sebab kondisi darurat kebencanaan ini, bahwa dibutuhkan familiarization (Fam Trip) bagi anak-anak Sahabat Merapi.

Kami Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Sleman dan institusi terkait lain pada tanggal 28, 30 Nov dan 01 Des mengajak mereka Fam Trip Sahabat Merapi. Berkendaraan gratis dari 3 titik Pengungsian diatas dengan membawa peserta tour trauma healing tersebut mengunjungi Museum Vulkanologi UPNIstana Ratu BokoTaman Pintar. Maksud terdalam disamping trauma healing adalah mengalihkan perhatian mereka di atas kebesaran Tuhan serta menjadi pembelajaran agar hidup bersahabat lebih dekat dengan gunungapi Merapi.

Tak kalah menariknya semangat bersahabat dengan Merapi kami wujudkan event dengan ‘napak tilas erupsi Merapi 2010 serta dampaknya’ melalui event Pameran Foto Merapi tanggal 5-8 Desember yang bertepatan pelaksanaannya dengan World Conference on Culture, Education and Science di Gedung Grha Sabha Universitas Gadjah Mada. Seluruh hasil dari penjualan ± 100 foto terpilih akan diperuntukkan bagi Kemanusiaan Sahabat Merapi. Semoga sumbangsih HPI dengan PWI, warga Kampus UGM, UII, UIN dan insan Pariwisata Jogja ini dapat menggugah bisnis pariwisata lebih cerah paska erupsi. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s