Merapi Memeras Air Mata Kami

Siapa berlari meraba GAJAH tak tertangkap..mengapa harus dipandang dari kejauhan jika disentuh saja tergugah.. bencana selalu membuat semua terpana menguji smangat hidup dan anugrah tersisa.. sungguh Yang Disana akan menaikkan derajat kita dg cobaan tak terperi..meloloskan hamba-hamba yg ikhlas bekerja keras menjalani hidup..

Saudaraku, siapa sangka Merapi bisa seganas ini; melumat desa-desa tetangga di lereng, penghuninya tunggang langgang dg hanya pakaian di badan tanpa selimut, tnpa handuk pa lagi membw tikar tuk rebahan melepas susah, pa lagi perjalanan yg segarkan jiwa..sungguh memilukan jumlah pengungsi yg 180.000 itu ternyata berpendar ke penjuru Jogja.. semalam ribuan mahasiswa eksodus..sblm itu malam-malam mereka menuju bukit sperti temanku se-RT ngungsi ke Paleyan GK..mendekat Gunung Api Purba Ngelanggeran.. kali ini sambil bertanya-tanya ‘mengapa merapi semarah ini’? why?

Saat kejadian pertama, figur mbah Penewu Soerakso Hargo, 82, membuat mata melek..telinga terbuka..namun batin menangis..dia meninggalkan jejak kejujuran dan ketulusan..masjidnya di Kinahrejo hnya sejengkal jangkauan awan panas. Pelajaran berhrg darinya bahwa pengabdian total dibayarnya dengan meregang nyawa, malah bersujud menghadapnya.. ya menghadap arah Pemberi Tugas..!

Status AWAS hingga hari ini membuat kami berpikir, apakah karena merapi berada di labirin susduksi lempeng bumi menjadikannya semarah itu..muntahkan lebih dari 100 juta M3 partikel debu SiO2 yang menjangkau Bogor dan bukan hanya Keraton Ngayogyakarta.. tafsir kemarahan gunung yang menampar-nampar wajah Pemimpin atas apa yg diperbuatnya mengabdi Rakyat.. sisi lain bacaan kehancuran dinasti Sanjaya ketika itu dan membuatnya pindah ke timur.. menelusuri jejak terkuburnya Candi Sambisari hingga kedalaman 3 meter..subhanallah!

Sebetulnya isyarat ilmu tentang gunung teraktif dunia ini tak harus menimpakan korban sebnayak ini..yg meninggal saja tercatat 128 rakyat kecil.. Informasi yg terlontar dari Mbah Rono tentang energsi merapi yg keluar bisa lebih dahsyat lagi.. sebab kali pertama erupsi (2610) itu baru pembukaan dan letusan 3010 diperkiraan spertiga kekuatan…minggu ini lahar dingin telah masuk Kota..SOS!!

Allahu akbar! Kemarahan merapi digunjing para Mbah di pusat-pusat Pengungsian di Jogja, mereka telah berkali dipindahkan dari radius aman pertama, kedua dst..saking kacaunya ada rombongan pengungsi yang benar2 tidur di kandang ayam.. Haruskah kawula alit menanggung kesalahan mengelola Negeri dan kerusakan alam oleh sebab kerakusan.. Pertanyaan lanjutan; apakah kami bagian dari proses ujian kenaikan ataukah ini penanda kehancuran Nagari..??

Satu hal; bahwa pemberitaan oknum teman2 jurnalis sungguh tak menjangkau nalar..kadang menyesatkan pikir.. akhirnya kami juga yg susah.. Sudah berhari-hari kami para Pramuwisata Jogja yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia DIY berusaha meringangkan beban dan nasib teman2 kami..keluarga mereka.. banyak dari 450 Anggota HPI disana yang adalah korban Merapi dengan beribu kisah tak mungkin dikupas..

Itulah sebabnya tulisan ini kami unggah disini..melepas rindu keindahan Merapi di waktu diam..ikut memeras air mata di waktu kini.. merasakan sperti yang dirasakan sdr2 kami di lereng.. Ya, suatu malam 4/11 kami ber4 naik di ketinggian Tembono, Pakem hanya 15km dari puncak, skedar menemui kawan Pramuwisata dan keluarga.. Kami berbincang tak biasa, sebab suara-suara itu MENGGELEGAR sudah..berkali-kali..sementara di sebelah sana ada Barak Pengungsian.. teman ini sesekali ke rmh sdr sedikit naik, karena menerima kami tetamunya..tak mngkin di tengah 1.900 pengungsi.. nyatanya jam 10:45 penulis tiba di Kota.. sejam kemudian erupsi terakhir itu terjadi..kali ini melumat Desa Argomulyo..!!

Iya..satu hal terkhir, insyaallah kami cukup KUAT melalui bencana ini…teli saudara mengharuskan kami berbagi saling menguatkan dari sisa-sisa debu..di sela reruntuhan bangungan..namun tegar BATIN kami tetap memicu semangat, insya Allah ya semoga jika memang ini jalan kenaikan derajat yang bakal dilalui..malah air mata tak lagi bermakna negatif.. sungguh gawean merapi kini memicu adrenalin sejak awal status-status; Normal tahun lalu, Waspada bulan kmarin maupun saat ini Awas disematkan atas Gunung Penjuru Jagad ini..

Benar memang, kami sdg terkesima..sedih..takut..tapi hidup masih harus terus berjalan apakah obyek daerah tujuan wisata gunung merapi dengan paket2 tour bserta masyarakat tradisi disana bagi ANDA pembaca, pelaku bisnis pariwisata nasional atau pemerhati Jogjatermasuk PELUANG..TANTANGAN.. or ANCAMAN kemanusiaan?

Optimisme kami masih membuncah ada..together, we’re calling for YOU, saudara kami di lereng merapi..di Turgo, Srumbung, Selo, Balerante, Manisrenggo, Cangkringan, Kaliurang
maupun SEDULUR para guide Pemandu Wisata di sudur-sudut lereng Merapi..

Rekening kami buka sejak Sabtu, 30/10 ‘POSKO MERAPI HPI’di Sekretariat DPD HPI DIY Jln. Laksda Adisucipto KM 7 Yogyakarta 55282
Telp / fax : +62 274 487650 Mobile: 0818 465 933, 0815 795 0922

BRI Unit Pandeyan a.n. RUDATIN MURNIATI
(Bendahara DPD) 3006-01016337-535

BCA Katamso a.n. M MUDHI UDDIN
(Ketua DPD) 445 0887 698

Silahkan transfer IKHLAS itu dikabarkan ke kami utk transparansi laporan dan pertanggung jawaban. Letusan Merapi di Yogyakarta memeras air mata kami.

Tuhan selalu mengiringi langkah kita semua. Wallahu a’lam bis-showab… ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s