BELITUNG BUMI LASKAR PELANGI

Keberhasilan promosi destinasi Bunaken Maluku Utara melalui kegiatan Sail Indonesia 2009 terbukti sebagai trigger yang berhasil menarik kunjungan wisatawan manca. Disusul banyak daerah lain iri dengan tahun promosi kunjungan wisata. Tahun ini Banda mencanangkan kegiatan Sail Indonesia. Direncanakan tahun 2011 diadakan promosi wisata model ini di tiga titik sekaligus, yakni Banda – Belitung – Bunaken. Pulau Belitung ± 2.293 km2 meski terkenal sebagai Bumi Laskar Pelangi tahun 2005 pernah diadakan Sail Indonesia di Tanjung Kelayang.

Tulisan ini menyorot model promosi paling mungkin dilakukan bagi Pemda adalah koordinasi pemasaran maksimal pelaku pariwisata. Kegiatan ini bisa berupa pemasaran bersama, travel dialog, promo & pameran wisata atau yang lebih menarik adalah promo pelatihan ujung tombak insan wisata. Ide pokoknya adalah pelayan kunci yang bersinggungan dengan wisatawan dipertemukan dalam sebuah dialog dan pelatihan Peningkatan Layanan Wisata.

Mirip judul diatas, yaitu menjual tiga destinasi sekaligus yang memiliki kemiripan produk, bisa saja pelatihan SDM pariwisata dikemas menurut kebutuhan promosi bersama dan diakhiri dengan kunjungan praktek lapangan ke destinasi yang dipromosikan. Dalam sebuah pelatihan pemandu wisata 4-6 Mei 2010 Pemda Kabupaten Belitung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata meningkatkan 30 kapasitas peserta yang berasal dari unsur Guide, Travel Agent, Karyawan Disbudpar setempat demi mensinergikan kepentingan promosi destinasi Belitung dengan tuntutan Sumber Daya Manusia sesuai SKKNI sektor Pariwisata.

Tidak bisa dipungkiri, kekuatan destinasi Belitung adalah keunikan ekowisata dengan kekayaan alam laut seperti destinasi Tanjung Tinggi, Tj. Kemayang, Tj. Rusa puluhan sasaran maritim Pulau-pulau Burung, Lengkuas, Babi, Pasir, Buku, Limau, Rotan, Nado, Mendanau beberapa pulau di Selat Gaspar dan Selat Nasik atau keindahan Bukit Berahu dan Bukit Telaga Bulan. Bahwa sebaran situs budaya masyarakat setempat seperti ritual Muang Jong atau Maras Taun masih harus disuguhkan kepada tamu-tamu yang datang melalui kalender ivent wisata. Selamat membangun pariwisata Belitung.***

2 thoughts on “BELITUNG BUMI LASKAR PELANGI

  1. Rachmad Syarif

    Dear HPI Jogja,

    merupakan suatu kehormatan bisa mendapatkan tulisan tentang Belitung di blog Anda.

    Kalau berkenan, bolehlah kiranya kita berkenalan. Kebetulan mungkin saya adalah salah satu peserta Pelatihan Pemandu Wisata di Belitung 4-6 Mei 2010.

    Apakah ini dengan Pak Andi..??

    Salam Hormat,

    Rachmad Syarif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s