IKUT KURSUS GUIDE YO…!

Dalam rangka meningkatkan kinerja Pramuwisata Indonesia, beginilah foto beberapa lulusan Kursus Angkatan I setelah inagurasi dan penyerahan Sertifikat TC HPI oleh Pengelola.

Berikutnya menyemarakkan TC HPI  serta demi memberi jalan bagi masyarakat muda, Lembaga Diklat Profesi ini membuka  pendaftaran Kursus Guide Umum. Ketentuan dan syarat  dan kurikulumnya adalah berikut ini:

Kategori Kode Materi Pelajaran Jam
Materi Pelajaran Umum PAR KS 001

Sejarah Kebudayaan

12
PAR KS 002 Seni dan Kerajinan 12
PAR KS 003

Flora Fauna

4

PAR KS 004 Lands & People 6
Materi Pelajaran Khusus PAR KS 005 Guiding Technique 12
PAR KS 006 Geografi Pariwisata / Paket Wisata 10
PAR KS 007 Kepabeanan(Imigrasi,BeaCukai,Karantina) 6
PAR KS 008

Kepemimpinan dan Organisasi Pariwisata

6

PAR KS 009

Dokumen Perjalanan Wisata

6

Pelajaran Penunjang PAR KS 010 Table Manner

4

PAR KS 011 Etiquette & Protokol

4

PAR KS 012 PPPK & Sitem Pengamanan Wisatawan 4
Praktek Guiding General PAR KS 013 Teknik Penulisan & Presentasi 8
PAR KS 014

Public Speaking

8

102

SYARAT PENDAFTARAN :

  • Usia Peserta minimal 18 Tahun, lulus pendidikan SMU
  • Mengisi Formulir Pendaftaran Kursus Guide TC HPI
  • Mengisi Formulir Keanggotaan HPI (tidak mengikat / pilihan!)
  • FC Ijazah terakhir (minimal Ijazah SMU dan sederajat)
  • FC KTP yang masih berlaku
  • FC Kursus Pemanduan atau Lisensi Guide (jika telah memiliki)
  • Pas foto berwarna 4×6 dan 3×4 masing-masing 4 lembar
  • Diantar langsung ke alamat Sekretariat DPD HPI DIY, lokasi Kursus dilaksanakan.

Segera lunasi BIAYA Kursus sebesar Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) sebelum mulai jadwal pembelajaran SORE dua kali seminggu selama tiga bulan. Pembayaran dan terakhir pendaftaran tgl 23 Maret 2010 ke alamat sekretariat HPI Jln Laksda Adisucipto Km 7 Santan Maguwoharjo, Sleman, DI Yoyakarta.

Terimakasih, salam sukses menjadi CALON PEMANDU WISATA..!!!

19 thoughts on “IKUT KURSUS GUIDE YO…!

  1. panggih krisna

    pembelajaran sore mulai jamberapa sampai jam berapa niku pak?trus pas praktek ke lapangan ada jadwal sendiri nggak?terimakasih

  2. Chandra Penulis Tulisan

    Saudara Henny Yth
    Kursus Guide adalah sebuah pelatihan profesi yang menjadikan sesorang dapat menjalankan sebuah pekerjaan yang memerlukan skill yang khusus dan kursus murni diselanggarakan oleh HPI tanpa support dana dari manapun kecuali dari perserta untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana untuk terselenggaranya kegiatan ini. Perlu dicatat bahwa pepatah Jawa mengatakan “Jer basuki mawa bea” artinya kalau ingin sukses kita harus mengeluarkan biaya… !” Jadi jangan disamakan pelatihan ini dengan pelatihan Palang Merah atau pelatihan SAR yang serba gratis. Kita heran karena menyelenggarakan pendidikan dengan biaya yang sudah ditekan habis-habisan itu masih dibilang mahal… ?? Tapi kalau kita makan di KCF di Amplaz atau di Nyoya Suharti tidak pernah protes kalau hanya ayam saja kok mahal…lebih mahal ??

  3. Harman

    Mbakyu, sampayen iku wong wedok ora cocok jadi guide karena kerja guide itu rekasa dan payah lah wong satu hari panas-panasan ke candi-candi hanya dapat duwit Rp 150.000, padahal biaya kursusnya mahal. Bagaimana kalau anda ikut kursus masak saja, selesai praktek hasilanya langsung dapat dimakan hmm.. uenak tenan mak nyus..!!! ,tentu ini sangat berbeda dengan kursus guide, selasai kursus hasilnya … mbuh…belum tentu entuk order.

  4. Edi Amplop

    Mas, yang dimaksud sebagai tour guide yang profesional itu bukan tour guide yang mampu berbicara berbagai macam bahasa asing sehingga dilihat dari materi kursus yang yang tercantum di daftar, ada yang masih kurang untuk dan sangat perlu diajarkan kepada tour guide untuk menjadi seorang guide yang profesional. Hal yang perlu ditambahkan adalah:

    1. Psikologi tour guide atau pariwisata.
    – Kepribadian Tour guide — ini perlu diajarkan bahwa menjadi tour guide harus punya mental yang sangat baik, mental yang dewasa, bukan wong lanang tapi cangkem wedok,bukan pula orang yang leda-lede “esuk dele, sore tempe” dan bukan orang yang tumbak cucuken, bukan orang yang suka mengadu domba untuk mendapatkan keuntungan.
    – Sikap terhadap client — ini perlu diajarkan kepada tour guide untuk memahami orang lain, yakni untuk membuat hubungan yang baik dengan tamu yang dihandlenya yang terdiri dari berbagai macam karakter dan budaya yang berbeda-beda, sehingga maksud dan tujuan dari aktivitas guiding akan terlaksana dengan baik.

    2. Entrepreneurship
    Ini sangat penting diajakarkan untuk mengantisipasi, perkembangan pariwisata di jaman modren, karena tour guide modern adalah tour guide yang mampu berkreasi, bertindak secara individu tidak tergantung orang lain untuk membangun dan mendapatkan keuntungan dari kegitan pariwisata, tidak seperti guide tradisional yang hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan komisi saja dan menengadahkan tangan sambil bersabda “pejah gesang nderek sampeyan mbak !”, diharapkan tour guide mampu mempersiakan masa tua sehingga tidak ada cerita bahwa seorang guide tua, mati karena tidak dapat order dari travel buro.

    3. Pengetahuan Paket wisata
    Materi ini sangat penting untuk disampaikan untuk memberi wawasan tour guide bagaimana paket wisata disusun. Saat ini sebagian besar tour guide yang ada pada saat ini tidak tahu sama sekali bagamana cara mendapatkan tamu, menyusun itinerary, dan quotation sebuah paket wisata, tour guide hanya mampu melaksanakan perintah travel buro. Dengan diadakanya materi ini diharapkan tour guide yang profesional faham dari awal sampaii akhir sebuah aktivitas wisata, sehingga guide akan tidak mudah dikibuli atau guide menuntut fee yang tidak masuk akal.

    Dengan tambahan materi kursus seperti tersebut di atas diharapkan tour guide menjadi lebih profesional….

  5. hari

    kursus belum tentu menjamin menjadi guide yg berwawasan luas, teori boleh tapi di lapangan akan lain yg anda hadapi. tamu masa bodoh dgn guide yg di pake yg penting wawasan mencukupi tamu itu akan puas,kalopun selesai kusrsu tapi wawasan nol koyo sapi ompong kan kasian biro yg ngumpanin klient juga assosiasinya yg menayunginya juga jelassssss..kliene mesaake .kursus selama 3 bulan rasanya kok kurang mas. coba terapkan selama 6 bln ini hanya usulan aja

  6. hpijogja Penulis Tulisan

    Ini kursus yang langka loh… di Semarang misalnya tidak ada. Coba bandingkan dengan uang yang anda belanjakan untuk dugem, ngrokok, sms-an, icik-icik, atau wedangan dalam setahun biaya kursus gak ana apa-apane mas !! Sampeyan beli hp cino mung dienggo sms-an ngrungoke musik .. fb..diatas 1 juta saja tidak protes neng kursus kanggo masa depan kok njaluk nego ??? gimana sampeyan iki.

  7. panggih

    pada tertarik sebenarnya dengan peluang bagus seperti ini,seandainya biaya nggak dibayar sekaligus dimuka.memang 2,5 juta jumlah yang kecil dibanding dengan materi dan manfaat yang akan diperoleh..namun alangkah terbantunya para calon peserta kursus seandainya biaya bisa diangsur dan ehm.. itulah harapan saya semoga dipertimbangkan

  8. hadi

    untuk tahun depan ada lg ga? saya tertarik ikut kebetulan saya staff pengajar dsalah satu sekolah swasta cirebon yg bidang konsentrasiny usaha jasa pariwisata.
    mohon informasinya, tengkyu…

  9. nunu bara

    waktu pendaftarn untuk bulan selanjutnya kapan ya? masalahnya saya seorang mahasiswa yang libur semesteranya sekitar bulan july sampe ais lebaran.cukup waktu untuk ikut kursus,tapi adakah jadwal pendaftaran dan kursus di antara waktu itu?terima kasih

  10. vazzabellini

    kalau untuk orang bule bagimana pak..saya dari itali tetapi juga tertarik buat guide untuk itali bahasa.sekarang saya libur 1 tahun tinggal di kelaten dekat candi prambanan

  11. suwandi

    begini pak, untuk platihan apa ndak ada tempat lain sprti di SMG atau apa….? lah wktu plksanaane smggu brapa kali& dari jam brapa sampai ja berapa…./

  12. hpijogja

    Kursus Guide HPI diadakan utk memenuhi kebutuhan pramuwisata, diselenggarakan TC HPI DIY hanya di jogja dan tidak di tempat lain.
    3bulan kursus angkatan kedua dimulai pada senin, 4 Oktober 2010 setelah terdaftar cukup sejumlah calon peserta.
    Pendidikan dilaksanakan 2x seminggu (senin dan kamis) sore hari di sekretariat HPI DIY.
    Yang berminat segera mendaftarkan diri dg mengisi formulir di kantor HPI jl laksda adisucipto km.7 yogyakarta ph 487650.

    hpi_jogja@yahoo.com

  13. janet tatuil

    gimana dgn org yg di daerah lain ga bisa ikut dong…dan yg baru belajar di smk pariwisata…blum berusia 18 tahun adakah jalan lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s