RUA KOPERASI HPI

Rapat persiapan di Nagoya Resto Sleman, 26 Desember 2009 pukul 14.00 – 17.00 terlaksana sebagai Rapat Anggota ke-7 dari rangkaian proses pendirian wadah Koperasi kesejahteraan 426 Guide Anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi rapat di Nagoya merupakan alternatif terbaik, disamping milik anggota HPI, disinilah seringkali insan pariwisata Yogyakarta berembug santai, seperti Sabtu kali ini yang dihadiri oleh dua belas orang Calon Anggota, menyusul 4 orang menitipkan pembayaran Simpanan Pokok senilai Rp 1 juta kepada Bendahara Koperasi.

Daftar hadir diisi muka lama yang sering muncul dalam rapat-rapat Koperasi sebelum, seperti Hassan, Dahlia Evyati, Purwana, Andi, Hardi Wahyono, Nadira Hartoko, Satriyagung, Budi Susetyo, Wiwik, Bayu, Amrizal Djuri, Chandra Prabandono. Anggota yang sempat izin karena harus bertugas di lapangan seperti Sri Pujiati, Wowon, Rudatin, Harno, Ibnu, Arif, Handoko, Wawan, Heri, Ria, Darwin, Prapti, disamping ada yang masih berkait perayaan Natal yakni: Dwi Jokohadi atau Agatha. Calon Anggota lainnya tanpa ada pemberitahuan berhalangan menghadiri RUA.

Hasil-hasil yang dilaporkan dari Pimpinan Rapat Sdr Andi Mudhi’udidin dengan Sekretaris Sdr Purwana dapat dibagi menjadi tiga; Laporan team perumus Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga KSU HPI DIY, Perkembangan Unit Usaha Koperasi dan Rencana Kerja Koperasi 1 Tahun Mendatang. Team melaporkan perkembangan kinerja Struktur Pengawas dan Pengurus, hingga RUA menetapkannya yakni sebagai Pengawas Sdr Andi – Amrizal – Arif Mustofa (menggantikan Sdri Amanah yang mengundurkan diri oleh kesibukan dan alasan waktu). Sedang Pengurus masih dipercayakan Sdr. Hassan (Ketua koperasi), Purwana (Sekretaris) dan Dahlia Evyati (Bendahara).

Pembahasan Anggaran Dasar – Anggaran Rumah Tangga terutama sekitar Unit Usaha Koperasi, Sisa Hasil Usaha dan pengurusan izin legal tetap merujuk Dinas Koperasi Propinsi DIY sesuai rencana semula. Alokasi SHU untuk dana Audit 2.5% bisa dimanfaatkan jasa konsultasi hukum jika diperlukan. Lalu dilanjut pemaparan Program se-Tahun Unit Simpan Pinjam dan prioritas pelaksanaan yang dijelaskan oleh Sdr Hassan. Dokumen AD-ART Koperasi telah disepakati penuh dan segera dikonsultasikan kepada Petugas Dinas Koperasi di Jln. Cokroaminoto awal Januari 2010. Selanjutnya pertengahan Januari diagendakan visiting oleh Petugas Dinkop ke alamat Sekretariat untuk memastikan alat kelengkapan perizinan KSU HPI DIY.

Tentang Unit Usaha Simpan Pinjam diputuskan perubahan jumlah Calon Anggota turun dari target semula 100 Anggota Tetap menjadi 50 orang dari anggota HPI agar Usaha Simpan Pinjam akhir Januari bisa dimulai. Teknis pelaksanaan Simpan Pinjam dikelompokkan menjadi dua untuk kemudahan pengurusan. Perubahan nama Unit Jasa Informasi Transport, untuk memudahkan proses legal Koperasi. Anggota Tetap KSU HPI bisa terus bertambah sesuai asas tujuan didirikannya koperasi di kalangan warga Himpunan Pramuwisata Indoensia DIY sesuai waktu dan kebutuhan.

Simpanan Pokok tetap sebesar Rp 1.000.000,- bisa diangsur, data terakhir pengangsur sebanyak 24 orang, terkumpul hingga pelaksanaan RUA senilai Rp 17.300.000,-. Diharap pertengahan Januari terkumpul senilai Rp 20 juta untuk dana awal pendirian Koperasi yang disyarat pemerintah. Upaya pengumpulan Rp 30 juta sisanya agar tercapai total angka Rp 50 juta dari 50 Anggota Koperasi tersebut diatas, akan dibagi usaha penggalangan dana Anggota menjadi dua kelompok, yaitu 15 guide Divisi Jepang senilai Rp 15 juta di luar daftar pelunas angsuran, serta Rp 15 juta berasal dari 15 guide Divisi Eropa dan lainnya. Ini akan ditambah pula dengan kesediaan beberapa stakeholder mendaftar jadi Anggota Tidak Tetap KSU HPI DIY dengan menyetor dana Simpanan Pokok sejumlah sama yakni Rp 1 juta, bedanya tak berhak menerima bagian Sisa Hasil Usaha setahun sekali.

Pemaparan Rencana Program Kerja se-tahun ke depan dilaksanakan berdasar ketentuan Unit Usaha sesuai amanat AD-ART Koperasi. Unit Simpan Pinjam misalnya dimulai akhir Januari 2010 yang teknis pelaksanaan dibagi dua kelompok seperti tersebut diatas (selengkapnya laporan tertulis). Unit Kursus Guide – Entepretuer Bahasa, yaitu program Training Center HPI yang telah berjalan Angkatan I tgl 09 nov 2009 – Jan 2010 di Sekretariat HPI. Kursus privat Bahasa Italy dan Spanyol yang diampu Sdr. Purwana telah berjalan dua angkatan, pelaksanaan 2 pertemuan per-Minggu di kantor HPI, artinya dana telah pula masuk Koperasi.

Perolehan Koperasi lain dari Unit HPI Transport yang mendapat order berasal dari Sdr Andi, hasilnya untuk beaya Spanduk, uang sewa dari Iwapi DIY terpakai untuk Alat ADM, serta order dari Sdr. Hawwid untuk iklan HPI Trans. Nomer Telepon baru 0274 9160086. Pendaftaran Kendaraan prioritas bagi Anggota dikenakan beaya Rp 50.000,- untuk iklan dan pemasaran. Unit Jasa Pemanduan Wisata; anggota yang mendapat order melalui Jasa Koperasi dikenakan beaya 10% dari fee-standart Rp 250.000,-. Terakhir Unit Event Organizer perlu diaktifkan! RUA merekomendasi bahwa kepengurusan Sdr Agus Susanto harus dievaluasi dan dibantu personalia dari kepanitiaan Acara Natal Tahun Baru HPI – Insan Pariwisata 2009-2010.

Acara dialog dan tanya jawab dalam Rapat kali ini memutuskan segera merekruit 1 orang Pengelola dan nyusul kemudian seorang Staf Pembantu. Sedangkan untuk program kehumasan KSU HPI melekat dengan agenda Humas / PR DPD HPI DIY dengan merencanakan: Peningkatan news letter cendrawasih menjadi Tabloid Cendrawaih yang terbit 3 bulan sekali menyuarakan hasil-hasil KSU HPI dan tentu media tersebut dikelola secara profesional melibatkan stakeholder pariwisata. Semoga semua usaha ini atas izin Allah SWT dalam rangka mengangkat harkat serta martabat Guide, profesi ujung tombak pariwisata.***

– Dengan Koperasi Mensejahterakan Mengangkat Profesi Pramuwisata – Bismillah arRahman arRahiim

Yogyakarta, 28 Desember 2009

One thought on “RUA KOPERASI HPI

  1. hpijogja Penulis Tulisan

    Mohon dibaca komentar akhir tahun 2009, ada bbrp hal penting menyangkut anggota koperasi dan calon anggota tidak tetap yang tertarik bergabung.

    Dimohon pula menghubungi Sdi. Evi dan segera menyelesaikan dana awal Simpanan Pokok,

    nuwun

    modin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s