Pramuwisata Representasi Bangsa

Judul tersebut adalah tema Rapat Kerja Nasional X Himpunan Pramuwisata Indonesia yang telah sukses terlaksana di Sentani Papua, 23 – 26 November 2009. Raker HPI di Hotel Sentani Indah ini dibuka oleh Bupati Jayapura Habel Melkias Suwae, Direktur Jendral Standarisasi Departemen Kebudayaan Pariwisata Bpk Firmansyah dan dihadiri 30-an peserta utusan tujuh Dewan Pimpinan Daerah HPI yakni Papua, DKI, Bali, DIY, Lampung, Banten dan Kalimantan Tengah dari 30 DPD se-Indonesia. Acara tahunan ini juga berhasil mengeksplorasi potensi pariwisata kita.

Tercatat agenda nasional HPI 2010 yakni penguatan profesionalitas guide 12.000 anggota berdasar standar kompetensi kerja nasional Indonesia lewat Lembaga Diklat Profesi HPI. Program strategis ini segera dilaksanakan dengan menyiapkan assessor, membentuk LSP Pramuwisata, mengadakan sertifikasi guide, training workshop yang didukung sepenuhnya oleh Dirjen Standarisasi Budpar Bpk Firmansyah. Beliau hadir bersama Ibu dan didampingi staf Depatemen Kebudayaan Pariwisata Bpk Gazali Djamal.

Eksplorasi pariwisata Papua sungguh menjanjikan hal baru di luar destinasi seperti Asmat, Raja Ampat dan Wamena. Sebanyak 30an peserta Rakernas menjelajah Danau Sentani, menikmati keindahan dari ketinggian Monumen Dougles Mc Arthur saat Perang Dunia II, kemolekan Tablanusu dan Amay, naik boat mengarungi Samudra Pasifik kampong Tukisi dan Bukisi. Namun yang menghebohkan adalah kesempatan langka menjejakkan kaki di perbatasan Wutung Papua New Ginie.

Sungguh mendebarkan mengarungi jejak dua tanah destinasi Papua-PNG yang selama ini hanya kita dengar dan saksikan dari kejauhan diantara militer penjaga tapal batas. Beberapa destinasi berhasil disurvey rombongan peserta Rakernas untuk disebar kepada dunia  (http://www.tablanusu.visitpapua.net). Disini Pramuwisata memiliki tugas mulia, harus terus belajar memahami budaya bangsa agar mampu dengan baik menjual, mengangkat citra pariwisata serta menjelaskan destinasi Papua yang indah alami melebihi wilayah nusantara lain.

Sampai jumpa di arena Rakernas tahun 2010 di Kalimantan Tengah dan Musyawarah Nasional HPI 2011 yang akan diagendakan di Bali.***.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s