RAKERDA HPI: Tour Guide Jogja Bersatu-Profesional-Sejahtera

… Satukan HPI,  padukan HPI,  sekata dan sehati.
Kembangkan HPI, Kembangka HPI dalam berbakti.
Majukan HPI, Majukan HPI, majukan terus maju……( petikan dari Lagu Mars National HPI)

andiDaerah Istimewa Yogyakarta sebagai Destinasi Wisata kian semarak dengan jumlah wisatawan yang terus meningkat. Tugas-tugas layanan wisatawan di lapangan Destinasi Yogyakarta ini pada akhirnya membutuhkan Pemandu Wisata yang mampu menjawab tantangan dalam jumlah yang cukup dan handal. Dalam kerangka inilah Rapat Kerja Daerah DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia DIY dilaksanakan Sabtu 30 Mei di Nagoya Resto. Hadir 80an Anggota HPI disertai undangan stakeholder dan DPP, untuk menyiapkan agenda kegiatan riil yang menyatukan potensi dan mampu mensejahterakan.

Tiga bulan sejak Musyawarah Daerah dan TC Kepengurusan, sejumlah Pengurus Dewan Pimpinan Daerah 2009-2013 telah berjibaku melaksanakan amanat dengan konsolidasi, audensi dan terutama hergistrasi keanggotaan. Hingga hari ini telah terdaftar sejumlah 191 Pemandu Wisata berlisensi dari total 405 Anggota DPD HPI DIY. Kejelasan identifikasi Anggota ini penting untuk menghidupkan arti komunikasi, tali silaturahmi dalam kegiatan kerja dan pemikiran terutama demi meningkatkan harkat dan martabat profesi dalam rangka tugas-tugas kepramuwisataan.

Bersatu, Profesional dan Sejahtera

komisiPeran sentral profesi Pemandu Wisata memiliki cakupan yang luas di dalam layanan pariwisata. Guide perlu memiliki kepastian posisi profesi serta kemampuan standar menyangkut penampilan, penguasaan bahasa, teknik, wawasan dan materi. Maka optimalisasi peran mereka tidak bisa dilalui secara sendiri tapi harus bersama dalam wadah kegiatan dan program kerja organisasi. Tidak berlebihan jika tema persatuan dan kesatuan memiliki makna mendasar bagi HPI, yakni tergabungnya semua potensi Sumber Daya Manusia ke dalam wadah Himpunan.

Keutuhan Anggota dan Pengurus HPI akan menumbuhkan etos kegiatan usaha pramuwisata, membuka peluang kerja dan pendidikan untuk terus mengembangkan wawasan dan kompetensi, serta hubungan-hubungan yang lebih baik bagi seluruh pemangku kepentingan wisata DIY. Motivasi kerja dan kesempatan guiding yang terus tumbuh meningkat akan otamatis mengangkat kesejahteraan mereka dan menempatkan profesi Guide menjadi dipentingkan seperti adanya, namun disertai penghargaan tulus yang sepadan.

Profesionalitas kerja Anggota maupun Pengurus HPI disini adalah membuat dan melaksanakan program kerja dari idealisme Musda bulan Februari lalu. Agenda itu seperti mengurus lisensi, iuran, memiliki Standart Operational Performance (SOP), menghadiri rapat-rapat, kegiatan Divisi, training dan pelatihan serta menghidupkan Koperasi. Fungsi HPI akan lebih semarak dengan tumbuhnya kegiatan, kebersamaan dan pertemuan di masing-masing Divisi, meski semuanya akan kembali kepada semua elemen Anggota.

Maka secara pasti kebersamaan itu akan mengantarkan seluruh Anggota HPI pada Standar Kompetensi Kerja, kepada nilai-nilai perubahan dan perbaikan, kepada munculnya jenis-jenis usaha di wadah Koperasi. Bagi profesi Pemandu Wisata dengan demikian Rakerda kali ini sebagai sarana meningkatkan kesejahteraan melalui Himpunan Pramuwisata Indonesia.

Agenda Prioritas

musdaDiantara keputusan Sidang-sidang Komisi akan bermunculan aneka program kerja, baik yang rutin seperti penyegaran Anggota, program Lembaga Diklat Profesi “TC HPI” maupun upaya menghidupkan Koperasi KSU HPI DIY yang akan mendatangkan dana bagi organisasi. Yang tidak kalah pentingnya adalah memberdayakan tugas-tugas sosial dan kehumasan, hingga HPI memiliki citra kian positif di kalangan masyarakat.

Tugas kita semua adalah memilih dan memilah yang paling mungkin dilaksanakan dalam waktu satu dua tahun ke depan. Idealisme Rakerda 2009 ini sebaiknya disesuaikan dengan waktu dan kesempatan Anggota yang sering berada di lapangan tugas, namun pilihan program tersebut bisa membawa semangat perubahan menjadi lebih baik di kemudian hari. Selamat dan sukses. []

*) Disampaikan Ketua DPD HPI DIY periode 2009-2013 dalam Pembukaan Rapat Kerja Daerah DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia Propinsi DIY hari Sabtu 30 Mei 2009 di Nagoya Resto CC Sleman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s