Training Kepengurusan DPD

Berita TC “SERSAN MEOK”

Adalah starting program kerja Pengurus DPD HPI DI Yogyakarta mulai Kamis 5-6 Maret 2009; di sana mereka saling kenal lebih intens, bicara harapan 4 tahun ke depan dengan merumuskan agenda kegiatan tahunan. Yang lain dari biasa, ingatan DPD HPI baru kali ini separuh lebih Anggota Kabinet bertemu di Sekretariat menjalani Training Center Kepengurusan, bahkan hadir pula unsur Dewan Pimpinan Pusat HPI, beberapa Dewan Penasehat Senior dan Dewan Pertimbangan Daerah DPD HPI DIY. Maka benar, Training Center DPD HPI DIY serius tapi santai dengan makan-makan omong kosong, bahwa amanat Musyawarah Daerah ke-5 dijabarkan dengan suasana kekeluargaan penuh keinginan mengikat kembali potensi Pemandu Wisata Jogja.

Yang pasti muncullah sederet harapan dan keinginan agar HPI menjadi Asosiasi yang berharga, menjadikan profesi Pemandu Wisata dapat lebih bermakna di dalam jasa layanan pariwisata Global, menghimpun diri di dalam Koperasi KSU HPI DIY dan meletakkan pondasi tata laksana TRAINING CENTER HPI DIY agar menjadi wadah layanan Pendidikan Nasional Profesi Guide yang berkualitas tinggi. Dan Himpunan mampu melayani Anggota lebih aman dan nyaman dalam bekerja serta memenuhi syarat hidup sejahtera, lebih dari itu semua saling merasa bahagia sebagai saudara di HPI.

Maka ditetapkanlah daftar agenda kerja DPD HPI DIY tahun ke depan misalnya:

1.Menghimpun seluruh Data Base Anggota DPD HPI DIY berdasar skill Anggota, pengelompokan lisensi,potensi Divisi Bahasa untuk berhimpun di Wadah Agen Travel atau Ranting Wilayah tinggal sesama Guide.

2. Mendirikan Koperasi KSU Himpunan Pramuwisata Indonesia DIY yang melayani bentuk usaha: Unit Simpan Pinjam, Unit Jasa Pramuwisata, Unit Jasa Transportasi, Unit Jasa Pendidikan Pariwisata dan Unit Toko Perdagangan.
Mengurus Jasa Asuransi Keselamatan Kerja bagi Anggota HPI. Setiap Anggota wajib menyetor iuran bulanan sejumlah Rp 10.000,- sebagai dana operasional HPI ditambah pembayaran Rp 5.000,- untuk premi Jamsostek dan Jasa Raharja.
3. Menerbitkan identitas name tag Guide dan KTA-Nas HPI melalui heregistrasi dan refreshment Anggota DPD HPI secara berkala.
4. Recruitment Guide Anggota Baru HPI DIY menurut kebutuhan Bahasa bagi jasa pramuwisata di waktu tertentu.
5. Menjadikan wadah organisasi HPI lebih berwibawa dalam menumbuhkan Forum Sosial Kebersamaan, Bakti Seni Olahraga serta menjalin erat hubungan sesama insan pariwisata global.
6. Merumuskan usulan Perda Pramuwisata ke DPRD DIY setelah kajian seksama atas beberapa UU dan PP yang pernah dikeluarkan demi kenyamanan kerja Anggota HPI di seluruh wilayah kerja mereka.

Meninjau dan merumuskan kembali MOU DPD HPI DIY dengan stakeholeder terutama ASITA DIY menyangkut keharusan penggunaan Guide berlisensi dan klausul jaminan keselamatan kerja bagi Anggota HPI yang dipekerjakan BPW.

Kita semua bersyukur dapat melewati tahapan penting setelah Pelantikan dengan menetapkan Rencana Kerja Periode 2009-2013 sesuai amanat Musda ke-5 lalu. Yang terpenting adalah dukungan moril seluruh keluarga besar Insan Pariwisata Yogyakarta yang tergabung dalam Himpunan Pramuwisata Indonesia, bahwa kami semua butuh tegur sapa seperti layaknya pelayan yang tanpa gaji namun ingin berbagi etos perubahan menjadi baik.

Mari berbuat yang terbaik dengan amal mulia, bergabung diri di dalam wadah HPI Promotion Board dan Koperasi HPI DIY demi kesejahteraan Pemandu Wisata. []

Mod-in charge/sabtu/7.3.09

2 thoughts on “Training Kepengurusan DPD

  1. ayu octaviani

    lantas, persyaratan apa yg harus dipenuhi untuk menjadi anggota HPI??

    AYU
    SMK BINA DHARMA DKI
    JAKARTA

  2. mod-in

    Ayu,
    syaratnya mesti jadi aktif jadi guide
    dan punya lisensi dinas pariwisata sete4
    atau sekedar anggota milis hpi?
    so, mudah kan, ikutin aja berita kegiatan hpi
    pasti ada solusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s