PRESS RELEASE DPD HPI JOGJA

Pelantikan Pengurus DPD HPI DIY 2009-2013

Sarasehan Budaya

“Reposisi Guide & Asosiasi HPI Dalam Jaringan Pariwisata Global”

Setelah amanat Musyawarah Daerah ke-5 Himpunan Pramuwisata Indonesia DIY 14 Februari 2009 diterima Ketua terpilih, terbentuklah susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah HPI DIY yang terdiri dari: Ketua Andi Mudhi’uddin, Sekretaris Dwi Aji Warsono dan Purwana, Bendahara Rudatin Murniati dan Nengah Suprapti, Kabid Organisasi Imam Widodo, Parwono, Sutan Ismail, Sumarwoto. Kabid Pendidikan dan Latihan Murtejo, Suhirno, Budi Susetyo. Kabid Humas Sarmito Sugondo, Zunan PW dan Dahlia Evyati. Kabid Kesra Amrizal Djuri, Erwin, Joko Hadi, Endro S., Arif Mustofa, Nadira. Koperasi: Marsono, Hartini, Pujiyati, Amanah. Struktur lengkap Pelindung, Pembina, Penasehat dan Dewan pertimbangan Daerah ada di lembaran file kantor. Berikut ini Visi Ketua DPD HPI 2003-2013:

VISI : Terciptanya tatanan sistem yang adil dan benar sesuai aturan bagi profesi Pemandu Wisata di dalam jejaringkerja pariwisata global yang bermartabat.

MISI

Ø Meningkatkan profesionalitas dan kompetensi Pemandu Wisata di dalam tugas dan tanggung jawab keilmuan, kekaryaan serta kebangsaan.

Ø Menghimpun profesi Tour Guide ke dalam wadah organisasi HPI sebagai kebanggaan dan lahan prestasi ibadah, namun tetap memiliki nilai kejuangan regenerasi, kesemestaan dan kesejahteraan.

Ø Mendorong anggota HPI untuk berbuat yang terbaik di dalam fungsi, peran, tugas dan tanggung-jawab sebagai seorang Guide profesional.

Operasionalisasi visi-misi Ketua tersebut dilakukan melalui strategi ke dalam Organisasi: Menyatukan potensi Pemandu Wisata sehingga sinergis memperoleh penghargaan dan kesejahteraan yang wajar dari peran serta reposisi profesi terutama di hadapan patner setara stakeholders pariwisata. Sedang ke luar: Mengangkat citra Asosiasi HPI dan seluruh potensi Anggota di dalam jaringan pariwisata nasional dan kepentingan dunia. Praktis konsentrasi kegiatan kepengurusan akan bertumpu kepada front Pemandu Wisata paling depan yakni para Koordinator Divisi sebelas Bahasa. Pengurus ini akan mengoptimalkan peran Divisi, mengumpulkan iuran wajib Anggota, aktivitas pemberdayaan Guide, peningkatan profesionalitas lapangan dst., dengan berkoordinasi dengan Koperasi dan para Ketua Bidang DPD yang ada untuk masa periode empat tahun ke depan.

SARASEHAN ”REPOSISI PERAN GUIDE & HPI”

Telah dimaklumi bersama, bahwa devisa Negara terbesar antara lain dari sektor Pariwisata, dimana ujung tombak yang bersinggungan dengan layanan informasi adalah Tour Guide. Data kunjungan wisata nasional 2008 telah mencapai rekor tertinggi yakni 1,1 juta orang dengan devisa sebesar ± Rp 90 Triliun dalam ragam jasa wisata, salah satunya adalah Pariwisata Budaya yang bersinggungan langsung dengan tata kebudayaan lokal. Laporan terakhir bahwa DIY raih pertumbuhan ekonomi sebesar 5,02%, wajar jika sektor ini menjadi andalan devisa DIY selain sektor pendidikan. Kota Pelajar juga menjadi “Destinasi Wisata Terbaik Luar Negeri 2008” bagi pelancong Malaysia, bahkan sejak lama Jogja telah memiliki daya tarik khas diantara destinasi dunia.

Masalahnya, jumlah Guide berlisensi Madya terdaftar di DIY sejumlah 412 orang dengan 11 ragam bahasa itu hanya separuhnya aktif bertugas di lapangan guiding, selebihnya beraktivitas di luar Himpunan. Akibatnya ke dalam, organisasi layanan HPI selalu saja tidak bisa maksimal di tengah koordinasi birokrasi disana yang lemah. Sementara wadah asosiasi Tour Guide ini satu-satunya yang diakui Undang-undang adalah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), hingga kini dipentingkan adanya namun belum berdaya dalam kenyamanan profesi dan kesejehteraan kerja. Ya profesi langka ini terpinggirkan di dalam sistem pemangku kepentingan pasar pariwisata yang sakit, maka satu-satunya cara harus berdaya di dalam kegiatan Himpunan dan mampu bersuara ke luar.

Format Sarasehan Budaya dikemas setelah Pelantikan adalah menunjuk kepada kepentingan ke dalam untuk menggali potensi ilmiah Anggota HPI, sekaligus meretas jalan kedalaman kompetensi profesi Tour Guide, perluasan bahwa dirinya dibutuhkan banyak relasi kepentingan dan demi tujuan regenerasi Guide untuk masa-masa mendatang. Kedalaman penguasaan materi bermakan, Guide harus aktual memberikan informasi yang paling dibutuhkan wisatawan, sekaligus mengerti obyek yang diomongkan dengan persepsi penuh, maka cara-cara belajar perlu terus dikembangkan demi menyatunya pengetahuan – skill – sikap profesional berdasar tata etika layanan pariwisata global. Kegiatan budaya seperti ini akan terus dikembangkan dalam bentuk yang beragam sesuai kebutuhan, baik berupa kajian, arisan Koperasi, sepeda wisata ke masa lalu, Raker Kepengurusan dst.

PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG

1. Menata fungsi kelembagaan dan kesekretariatan DPD HPI menjadi lebih berdaya-guna dan bermartabat, minimal memiliki sasaran kerja jelas melalui tugas-tugas kehumasan dan media komunikasi ‘website’ yang representatif sebagai pintu utama HPI Promotion Board.

2. Menambah jumlah Anggota HPI dengan membuka lisensi dengan syarat tertentu melalui Kursus Pendidikan Guide Madya untuk semua divisi bahasa.

3. Meningkatkan kesejahteraan anggota melalui guiding, program asuransi keselamatan kerja atau karya setara lain.

4. Memfasilitasi program pertemuan-pertemuan ‘silaturahim’ pemikiran, layanan kepemanduan, sarasehan pengalaman tour lapangan, peningkatan materi keilmuan, ‘teknik guiding’, serta lisensi Guide melalui Training HPI. Center

5. Meningkatkan kinerja dan peranan Himpunan bagi kepentingan sosial-ekonomi sesama Anggota HPI melalui intensitas pertemuan Divisi, kegiatan Koperasi atau fasilitasi keseluruhan program di atas, dengan patner jaringan kepentingan pariwisata global.

6. Mendokumentasikan materi-materi guiding sesuai kebutuhan minimal requirement untuk kepentingan Standart Operational Performance (SOP) profesi Guide; dengan cara memberdayakan Training Center HPI.

PROGRAM JANGKA PENDEK DPD HPI DIY

  1. Konsolidasi dan Training Center Kepengurusan, tujuan :

a) Espectation (persamaan persepsi) dan perkenalan antar Pengurus DPD.

b) Penjabaran Kebijakan Ketua DPD HPI empat tahun ke depanc) Perumusan Kebijakan Ketua-ketua Bidang

d) Pembahasan Program Kerja per-bidang organisasi, pendidikan, humas, kesra.

e) Job Discription pengurus termasuk Ketua-ketua Divisi

f) Jadwal Kerja, pembuatan Time Table dan Sinkronisasi Program.

  1. Recruitment Anggota baru HPI dengan membuka pendaftaran Pendidikan Guide Madya.
  2. Regenerasi peran Guide dan peningkatan kompetensi SDM dengan menggalakkan forum-forum Divisi di sekretariat seperti diskusi, lokakarya, workshop, training dst.
  3. Mengoptimalkan peran dan profesionalitas Anggota di dalam keseluruhan kegiatan DPD HPI DIY, seperti Pendidikan dan Latihan TC HPI, Unit Usaha dan Jasa Koperasi HPI dst.
  4. Menemukan solusi terbaik seputar jaminan asuransi keselamatan kerja melalui iuran wajib anggota dan fungsi Koperasi Anggota HPI.
  5. Akuntabilitas kerja Pengurus DPD periode empat tahun ke depan dimulai sejak awal kepengurusan dengan agenda Training Center Kepngurusan 05-07 Maret 2009.
  6. Program kerjasama kepemanduan dan peningkatan kinerja kebersamaan seluruh Anggota Himpunan bersama stakeholders.
  7. Menghidup-hidupkan Kantor Sekretariat HPI sebagai Anjungan Pusat Hpi Jogja (APH) atau wadah Tourism Information Center HPI dan Perpustakaan sebagai tempat belajar, membaca blog https://hpijogja.wordpress.com atau sekedar bertemu sesama Anggota. []

Yogyakarta, 23 Februari 2009

Andi Mudhi’uddin
Ketua DPD HPI DIY Periode 2009 – 2013

2 thoughts on “PRESS RELEASE DPD HPI JOGJA

  1. ahmad yani

    Salam guiding
    Pak Andy Ketua DPD HPI Jogja
    saya Ahmad Yank Ketua DPC HPI KObar Kalimantan Tengah, kemarin kita ada kunjungan ke jgja pengin ketemu bapak tapi nga ketemu

    oh ya kapan2 HPI Kobar Kalteng Mau study banding kesana gimana

    terima kasih semoga HPI jaya

    ahmad yani

  2. modin

    salam juga,

    Gmn persiapan dpd kalteng ke rakernas atau kita ktemu disana bicarakan banyak hal ttg reposisi peran fungsi asosiasi era kini tapi masih ditunggu jika ke jogja anytime ok: jayalah profesi pemandu wisata

    thanks

    andi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s