Harga Paket Wisata

Ada Tour Operator yang berminat menjual paket wisata Borobudur  3 hari 2 malam untuk wisatawan domestik sebanyak 70 orang, dengan service  yang diminta adalah:
- Borobudur Sunrise
- Prambanan Tour dengan Paket Ramayana
- City Tour
- Merapi Tour
- Full board 2 dinner dan 3 lunch
- Bus AC
- Snack
Setelah request diproses  hasinya hasil akhir kalkulasi  harga per pax nya adalah RP 800.000. dan mengetahui harga sebesar itu, kontan sang operator menjawab bahwa harga tersebut sangat jauh dari  budgetnya clientnya yang  hanya RP 250.000/orang.

Perlu dicatat bahwa Paket wisata Borobudur 3 hari 2 malam full board dengan budget maksimal RP 250.000 perorang dapat di laksanakan, akan tetapi service yang  didapatkan adalah service yang tidak layak dikatakan sebagai layanan, karena tidak meng-cover kenyamanan dan keselamatan, karena dengan budget tersebut akan mendapatkan:

-  Hanya dengan box/ nasi bungkus minum beli sendiri.
- 2 hari bus tua (harga sewanya lebih murah dengan resiko AC mati atau mogok).
- 1 Tour guide.
-  tiket masuk Borobudur Prambanan.

Sedangkan untuk obyek yang lain akan tidak tercover karena harga tidak akan terjangkau karena tiket Borobudur Sunrise Surise harganya RP 200.000/orang dan tiket Ramayana untuk kelas terendah adalah RP 75.000/orang

Yang menjadi catatan dalam posting ini adalah perlu dicermati dalam menjual paket wisata adalah tidak hanya menjual transport untuk mengantarkan wisatawan dari obyek yang satu ke obyek yang lain akan tetapi menjual paket wisata adalah  menjual kenyamanan, yang akan menimbulkan rasa puas di hati wisatawan sehingga perlu disediakan service yang layak jual, sehingga perlu disediakan:

- Itinerary yang baik.
- Restaurant dengan makanan yang sehat.
- Kendaraan yang sehat untuk kenyamanan.
- Penjelasan suatu obyek yang menarik.

Akan menjadi hal yang sangat penting pula bagi calon wisatawan untuk tidak menekan tour operator untuk menyediakan layanan yang semaksimal mungkin dengan budget yang seminimal mungkin, karena hal ini sangat mustahil dilaksanakan karena akan hanya menimbulkan rasa ketidak puasan dan  kekecewaan dengan pelayanan,  sehingga apabila calon wisatawan telah memutuskan untuk tour ke mana saja, harus siap untuk menghamburkan uangnya tidak perlu, memikirkan berapa banyak budged yang dihabiskan.

About these ads

Satu gagasan untuk “Harga Paket Wisata

  1. menjadi tantangan bagi pe-bisnis pariwisata perihal harga / persaingan harga. Biasanya yang terjadi di Jogjakarta adalah berlomba2 untuk menawarkan harga yang murah, bukan meningkatkan kualitas. memang di era globalisasi semua lini bisa ikut bermain dengan aturan “liberal”. Mari bersinergi dan berkompetisi untuk kualitas pelayanan. Sukses HPI Jogja!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s