TAMAN PINTAR

Ikon Pariwisata paling inspiratif ini terletak di titik nol Km Kota Yogyakarta, antara Vredeburg, Taman Budaya, Malioboro, Gedong Agung dan Kraton, di area ±1,5 ha kawasan Shoping Center. Disini terdapat aquarium raksasa, Gedung Teater 4 Dimensi yang amat sensasional guna menikamati jenis Film-film Sains, Animasi atau Angkasa Luar dst. dengan proyektor hologram yang memungkinkan mata melihat seakan menggapai sebuah obyek, soundtrack-nya mengeluarkan suara oskestra yang menghentak. Efek kacamata menyebabkan obyek benda yang ada di film seperti batu luar angkasa menabrak kepala, terlihat mendekat, menjauh, berpendar hidup. Teater 4 Dimensi berteknologi khusus seperti ini hanya bisa ditemui di Bioskop Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Bangunan (2006) senilai Rp 80 Miliar ini diresmikan oleh Presiden SBY 16 Desember 2008; memiliki zona Play Ground Eduacation dan Memorabilia untuk wahana Pendidikan Anak Usia Dini sampai 6 tahun (PAUD) dan dua bangunan bertingkat tertutup berupa Gedung Oval dan Gedung Kotak. Gedung Oval Lt.1 untuk pengenalan lingkungan, alat peraga interaktif serta Radio Anak. Lt.2 untuk sejarah sains, penemuan besar dunia meliputi penemuan peralatan, penemuan api, roda dan berocok tanam, alat tulis cetak, lensa, mesin uap, listrik, penerbangan dan komunikasi. Penemuan dunia seperti Aristoteles, Archimedes, Copernicus, Galileo Galilea, Isaac Newton, Michael Farraday, Charles Darwin, Louis Pasteur dan Albert Einstein. Di bagian titian sains akan diperkenalkan dengan percobaan penggalian.

Gedung Kotak di sisi timur untuk sejarah Iptek. Lt.1 berisi Perpustakaan, Laboratorium Sains, souvernir counter, food court dan Warintek, Lt.2 memperkenalkan kecanggihan teknologi transportasi, energi atom, robotic dan kota masa depan. Lantai atas terdapat alat peraga interaktif, aktivitas sains kelompok fisika, kimia, biologi dan matematika usia 13-18 tahun serta exhibition hall untuk keperluan pameran pendidikan. Zona Indonesiaku, berisi tekonologi yang berkembang di seluruh negeri terutama menyangkut kearifan lokal kedaerahan. Seperti cara membuat keris, batik dan kerajinan lain, juga permainan tradisi semisal gobak sodor, engklek dan lain-lain.

Di Indonesia telah berdiri beberapa tempat seperti Taman Pintar, yakni Pusat Peragaan Iptek TMII, Puspitek Serpong, Puspa Iptek Bandung, Jatim Park dan lainnya dimana untuk Jatim Park menempati area seluas 22ha / 850m dpl di komplek wisata Klub Bunga ±2,5km dari pusat kota Batu Malang dengan ragam obyek 39 macam fasilitas. Pengunjung dapat memilih taman agro, kerajinan, area sejarah, candi, arkeologi, replika binatang langka termasuk fosilnya, taman bermain dan fasilitas lain. Bahkan di beberapa negara misalnya di Australia, Hongkong, Malaysia dan Singapura biasa dikombinasikan dengan paket wisata dilengkapi dengan pemandu yang merangkan pernik apa yang ada di taman tersebut. Yang membedakan bahwa Taman Pintar merupakan unit pelaksana teknis di bawah Pemkot Yogyakarta; dia memiliki program-program yang lebih hidup diharapkan menjadi satu olah rasa dan olah pikir, melengkapi ikon pariwisata Yogyakarta sebagai pusat budaya dan pendidikan. (Sumber tulisan sdr andi, berjudul ’Yogyakarta: Jejak Peradaban Jawa’, 2006)

About these ads

One thought on “TAMAN PINTAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s