ENAKNYA JADI TOUR GUIDE

Prambanan Temple Tour
Prambanan Temple Tour

Menurut UU no10/Th2009 difinisi Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara. Wisatawan adalah orang yang melakukan kegiatan wisata. Sedangkan yang dimaksud Pramuwisata ialah seseorang yang bertugas memberikan bimbingan, penerangan dan petunjuk tentang obyek wisata serta membantu segala sesuatu yang diperlukan wisatawan.

Dari difinisi diatas bisa difahami, bahwa seorang Pemandu Wisata (tourist guide) berperan menghubungkan Wisatawan yang asing dengan ikon-ikon budaya yang terdapat pada destinasi local. Guide berfungsi sebagai informan, pelayan humas setempat, penerjemah kebudayaan, penjaga nilai-nilai lokal untuk disampaikan kepada wisatawan. Fungsi peran strategis profesi ini adalah penentu keberhasilan kegiatan wisata di lapangan. Bisa saja wisatawan berkunjung tanpa menggunakan jasa Pramuwisata, artinya tanpa seorang Penunjuk arah yang benar dan Pemandu yang menerangkan ditail apapun menyangkut obyek tujuan wisata.

Maka beberapa penjelasan ini mengantarkan kita pada dua sisi profesional seorang guide, yakni yang enak menyenangkan dan tantangan yang tidak mudah menjengkelkan. Hanyalah wajar dan manusiawi, jika sandaran pengalaman kerja profesional menuntut Guide harus menggaris bawahi yang pertama. Bukankah inspirasi Ayat Allah amat jelas, agar manusia sudi berjalan di muka bumi untuk ’melihat’ hamparan kejadian yang terhampar.

Tentang apa enaknya menjadi Guide, yang pertama dia memiliki banyak pengalaman. Dari pengalamanlah seseorang mampu membedakan baik-buruk, benar-salah, dan ragam warna kehidupan di setiap obyek wisata berserta klien wisatawan yang dilayani. Pengalaman membawa seseorang pada ujian dan tantangan yang tida sedikit, menuntut keteguhan hati, keberanian dan kesabaran tersendiri.

Coba perhatikan pengalaman yang kaya warna ini dengan memperhatikan makna destinasi wisata, mulai dari jenis wisata alam berupa gunung, sungai, tumbuh-tumbuhan (flora), laut, hutan, dunia fauna, termasuk minat khusus yang memiliki syarat keahlian khusus. Wisata Seni dan Budaya yang amat beragam di nusantara dan jenis-jenis wisata MICE, kuliner, pendidikan atau yang lain. Sungguh menyenangkan, mengalami semua itu dengan perolehan yang sepadan.

Hal Kedua, enaknya menjadi Guide adalah kaya wawasan dan pengetahuan. So pasti jika tugas-tugas lapangan yang beragam diatas tanpa diikuti dengan kemauan belajar, artinya Guide akan mati kutu dan tidak bisa mengembangkan potensi layanan dengan maksimal. Pengetahuan adalah prasyarat utama untuk menerangkan apapun yang dilihat wisatawan, dialami dan dirasakan selama waktu kunjungan wisata.

Ketiga, so pastilah seorang Pemandu Wisata memiliki kesempatan untuk punya banyak teman. Bukankah difahami bahwa banyak teman memudahkan kerja, juga banyak kawan mendatangkan rizki dan kesempatan profesional tanpa batas, apalagi dengan kemajuan dan fasilitas teknologi. Persahabatan akan memudahkan manusia mengenal diri, orang lain dan lingkungan secara baik dan penuh manfaat.

Selanjutnya juga lazim diketahui khalayak dan dirasa ’enak’, bahwa profesi ini membuat orang bisa berbahasa lebih dari kemampuan bahasa ibu. Biasanya orang Indonesia, sulit berbahasa Inggris atau bahasa asing lain. Nah, dengan menjadi Guide, orang mudah tuh bisa bahasa asing cas cis cus langsung berhadapan dengan orang asing tanpa takut salah atau ketakutan lain. Bahkan pergaulan panjang di dalam kerja profesional mempermudah seorang Guide menambah kemampuannya berbahasa asing, lebih dari satu bahasa bahkan sampai empat bahasa untuk satu orang Guide.

Masih banyak hal enak dan menyenangkan dari profesi Pemandu Wisata, namun sering orang di luar profesi ini menuduh enaknya adalah ’banyak uang’…’mudah cari duit’….! ach, yang bener aja! Yang pasti, karena banyak tantangan lapangan, wajar fee yang didapat juga sepadan, karena itulah arti profesional. Jika ada Guide mau dan menerima saja fee di bawah standar profesi, lantas dimana diletakkan makna kompetensi dan etika layanan prima… Maka tuduhan enaknya menjadi Guide karena banyak uang itu salah! Relatif kan?

Jogjakarta Tour Guides  Meeting
Jogjakarta Tour Guides Meeting

Yang terakhir, enaknya menjadi Guide bisa terus belajar menjadi baik dalam sikap dan kebiasaan positif. Banyak kesempatan untuk belajar langsung dari siapapun di lapangan, bahwa menjadi manusia baik dan bermanfaat bisa dilewati dengan menjadi Pemandu Wisata. Jika anda mau, pasti terbuka lebar menjadi Tourist Guide yang ideal dan baik.

*) Disampaikan Sdr Andi & Heri dalam Pelatihan Pengembangan Kapasitas Lokal Wisata Minat Khusus tanggal 23 Juni 2009, jam 9.00-12.00 di Gazebo Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul. Tulisan ’Enaknya Menjadi Guide’ diatas adalah saduran dari sesi dialog selama kunjungan lapangan di pusat Kerajinan Batik tersebut.

About these ads

68 thoughts on “ENAKNYA JADI TOUR GUIDE

  1. Saya sangat mau untuk menjadi guide,tapi ya itu,tidak tahu jalan untuk isa mencapai kesana. Bahkan impian ini pula yang membawa saya sangat senang mempelajari bahasa inggris sejak guru SMP saya bercerita tentang guide. Tolong saya diberitahu caranya ya.

  2. Untuk menjadi guide coba ikut ‘kursus guide’
    di hpi jogja,or dlm wkt dekat bisa
    hubungi sekretariat di no +62274487650
    Pasti bisa kok,
    termasuk jika anda pingin jadi member hpi

  3. saya juga senang menjadi guide meskipun baru beberapa bulan karna saya fresh graduate dr smip..emang bener fee yg di dpt lumayan..tapi,pekerjaan ne bkn krna uang tp krn hoby n merupakan kesenangan batin saya..

  4. Sejak beberapa bln lalu saya bekerja sbgai English Guide, dan skrg sambil blajar Spanish. Blh dibilang pekerjaan ini mengasyikkan dan tanpa tekanan tapi wuihh….sangat melelahkan khususnya klo lagi overland. Klo pgn share lbh bnyk lagi brgkali bsa add fb saya aja…hehe. (Hotel Manohara, kompleks Candi Borobudur).

  5. @ BMS. yaitulah guide, profesi yg melelahkan tpi menarik banyak org termasuk anda..
    @ Dan. mau enak masuk HPI aja, mudh kok… sharing fb bisa pula di HPI YOGYAKARTA kok
    insyaallah sharing arti pleke ya memberi
    info, pengalaman, ilmu dst kpd rekan guide lain… tnpa pamrih apapun
    @ Y, I, F. so, selamt bantu2 juga buat yg sdh jdi turis, bgi pemula bahkan bagi yg msh ingin blm kelaksanan

  6. aku mau jadi tour guide karena itu telah menjadi satu cita-cita dan harapan ku selama ini.
    aku mau memperkenalkan kepada dunia luar tentang hebatnya negeri indonesiaku akan keindahan alam, budaya keramah-tamahan dan juga berbagai tradisi-tradisi di setiap kota yang ada di indonesia.
    aku bangga jika cita-cita dan harapanku akan terkabul.
    i love u full my indinesia

  7. @emy. indo nesia, idia – dindian; nesos – nusa – nation. penggalan nuswa anta tara dan bentangan 17.000 pulau nusantara yg tiada habis diceritakan ke wisatawan.

    @is @f-kam. mari ikutilah diskursus pramuwisata bersama kami, hadiri dan cermati apapun yg terjadi, tapi jangan lupa berilah
    yg terbaik yg anda punya…

    modin

  8. saya ingin jd guide,,,bs brgbung dengan anda,,bgaimn mnjd guide dlm thap awal yg hrus d pljari…sblunya terim kssih bged

  9. boleh saya bergabung dengan anda,,tadi saya membaca tentang guide,,saya sangat tertarik untuk menjadi seorang guide,,,bisakah saya tahu informasitentang guide selengkapnya dan bagaimana cara menjadi seorang guide????????

    nama : aris dianto
    pendidikan : masih kuliah di universitas muhammadiyah jember akademi pariwisata.
    agama : islam
    no : 087857505090

    saya berharap dapat mengetahu informasi tentang dunia guide,,saya ucapkan banyak terima kasih.

  10. Perkenalkan nama saya arma,dari sejak kuliah saya sudah berminat sekali menjadi tour guide.
    Namun sekarang saya bekerja di dunia yg tidak jauh dari industri pariwisata yaitu perhotelan.Jujur,saya masih ingin menjadi tour guide sampai sekarang.saat ini saya berminat untuk mngikuti kursus tour guide,dalam jangka brapa lama kursus ini akan selesai?

  11. cita-cita saya menjadi guide tour. tapi saya kurang tau, dimana saya bisa bergabung mencapai cita-cita saya?????

  12. saya ingin sekali menjagi guide, tapi saya kurang tau harus bergabung di mana???tolong bantuannya ????? dfan apakah ada syarat khusus untuk menjadi guide???

  13. Enaknya tour kerja seperti di jakarta berangkat jam 6 pagi jam 11 malam baru naympe rumah. waduh capeknya.
    besuk jam 3 pagi bangun dan jam 4.30 sibuk ngetunge lagage.
    uinake puol.

  14. Membaca enaknya selalu ingin,
    enaknya guide..ingin jadi guide..
    enaknya…ingin jadi ….xixixixi
    Kalo pingin jadi guide dtg aja ke kantor hpi
    dftrkan diri anda KURSUS GUIDE
    baca syaratnya di web hpijogja ini
    kata tman mulai kursus diundur Sept ya…
    okey

  15. saya berminat menjadi guide,maka dari itu saya mohon bimbinganya……..,terima kasih

  16. saya pingin jadi guider,,tapi blum tau chanel nya,,,dan saat ini saya masi kulia,,,,apa ada cabang di medan,,,,,thanks before

  17. apa sih enaknya baca tulisan..
    pa pula enake menjadi GUIDE beneran..
    ya emang uenaakk tenin kok jadi guide;
    katenye mang gitu;
    makenye ane pingiinn banget jdi guide bener!
    how z??

  18. nama saya istikomah…
    saya pernah bisa berbahasa mandarin dengan baik…dan saya ingin tau sekali bagaimana caranya untuk menjadi guide berbahasa mandarin…trimakasih..

  19. o ya untuk menjadi guide di kuta bali di mana tempat saya untuk mendaftar menjadi guide.karna saya sekarang tinggal di bali….saya pernah kerja di taiwan 6thn jadi bisa b mandarin..sayang kalau tidak dimanfaatkan…saya pernah dengar harus ikut ujian…kira2 berapa biayanya ya??trus karna saya belum pernah punya pengalaman d bidang ini apakah ada jalaan untuk saya dan bagaimana caranya…timakasih

  20. Saya berencana jadi tour guide kalo dah pensiun, skarang mulai belajar pelan2. Dimana kursus guide yg bagus dan berapa biayanya ?

  21. kalo mau jadi tour guide bagian luar negeri gmn ya ??

    soalnya aku dari dulu pengen jadi tour guide yg bawa orang2 ke luar negeri kayak paris,mesir,london,atau australia ??

  22. saya ingin banget jadi tour guide, tapi sembari kuliah, bisa ga’ kira-kira??? jadi kayak kerja partime gitu.

  23. all@ hal pertanyaan tips menjadi guide; amat banyak tulisan di web ini dan http://www.hpijogja.org dg varian kisah ditampilkan disana

    soal kursus juga telah diumumkan; angkatan terbaru dilaksanakan Okt-Des 2011. Diklat HPI mengundang peserta dg beaya Rp 2,5jt (bersertifikat kursus 3 bln); dan beaya tambahan utk Lisensi Dispar + sertif LSP Par yg masih kami NEGO, total beaya kursus skitar Rp 3 jt-an lunas sblm pelaksanaan. Tentu HPI TIDAK menjamin Pekerjaan! Dftar di sekretariat HPI..

  24. Ping balik: 2010 in review « HPI JOGJA-Jogjakarta Tour Guide Association Official Blog

  25. Pa saya cahya pratama ingin mendirikan usaha tour wisata apa sich yang aq harus lakuin

    bantuin yah pa

    pleaseee

  26. bapak2 tourguide sy ada wacana membuka wisata sekolah ke jogja selama 2 hari di jogja meliputi;candi borobodur,prambanan,candi ijo,parang tritis,kaliurang,keraton jogja,museum jogja,beringharjo,marioboro….
    brp tarip pemandu/hari?tks…
    (mulai mei-juni-juli)…………………

  27. gatau dari kapan, pokonya aku seneng bgd yang namanya sosialisasi sama orang2 baru dan jalan2 .
    trus aku search di google gitu, eh aku nemuin kata “tour guide”, jadinya aku caari2 mengenai guide, aku jadi pengen bgd jadi guide .
    aku juga ngerasa klo aku bisa jadi guide, soalnya aku menguasai beberapa bahasa .
    skrang aku masih kelas 2 SMA . aku lagi cari tempat les untuk les bahasa2 gitu .
    kakak kakak bisa bantu saya tidak untuk menjadi guide nantinya ?
    mohon bantuannya . makasih .

  28. salam sejahtera…..
    sy ingin menanyakan pada bapak/ibu HPI
    jika ingin bergabung menjadi anggota HPI apakah harus bisa berbahasa asing……?
    apakah perbedaan tour leader,tour guide dan guide?
    terimakasih

  29. saya nurmala,mahasiswa tingkat akhir di Universitas Pendidikan Indonesia Jur.makajemen pemasaran pariwisata, pengen banget jadi guide..
    how to?

  30. Ia saya seorang tourist guide di timor leste ..saya merasa enthusiastic karena saya bisa belajar berbagai macam idea dari mereka,namun yang menjadi kesulitan dalam menjalankan tugas saya sebagai seorang tourist guide..saat banyaknya kelompok,maksudku saya tidak bisa dapat menjelaskan mereka karena saya merasa macam kurang percaya diri,jadi bagaimana saya bisa mengatasi masalah tersebut?

  31. pengen banget jadi tour guide n ketemu para bule… tapi bingung kursusnya dimana??? kalo di Jogja mah.. adoohhh tenannn…

  32. saya sangat ingin menjadi tour guide,,,karena saya ingin melihat dunia luar dan ketemu denghan orang-orang baru,,,,tolong berikan saya info bagaimana cara menjadi tour guide dan bagaimana cara bergabung dalam perkumpulan tour guide…trimakasih.

  33. Saya meniliki kemampuan bahasa inggris yg sangat lemah…. Tapi berkat kemauan saya belajar akhirnya saya dapat mengetahui sepata 2 pata kata. Akhirnya terinspirasi setelah aku membaca situs ini, niatku ingin menjadi GUIDE, selain ingin berprovesi GUIDE saya ingin memperdalam bahasa asing…. Kepada para GUIDE bisa gak memberikan solusi dan tips menjadi GUIDE yang baik…. Terimah kasih

  34. Mohon…Aku pengen jadi Guide…sama seperti kakak2 senior Guide semuanya.Tolong bantuin aku ya Kak?Bilal/Bill

  35. siang.. bgmn caranya jd guide untuk pemula seperti saya?? mohon bantuan nya..
    tapi saya cinta banget sm kota saya (tulungagung, jawatimur) jd sy ingin jd guide nya kota tulungagung,tp disini belum ada wadah untuk itu.. mohon bantuan nya ?? mksh

  36. sekarang saya masih di bangku sma..
    cita” saya ingin sekali menjadi tourist guide..
    kira” stlah sma,, saya mlanjutkan kmna yaa…?!
    dan apa yang harus saya lakukan untuk mnggapai cita” saya tersebut..?

    thank you..

  37. Saya Putra dari sidoarjo. lagi nyari SMK negeri di Surabaya/Sidoarjo yang Jurusan Pariwisata gitu dimana ya?

  38. saya bekerja d sbuah travel agent, sya pngen bs jg Guide, kyknya seru bisa jalan2, n ktemu byk orang,,
    tapi sya masih awam u/ melaksanakan tugas itu..
    mohon bntuanya dong…
    biar sya bs mju u/ melaksanakan tugas yg seru ini,hheheh

  39. KEBETULAN SAYA DARI SEKOLA PARIWISATA , DAN SAYA INGIN MENJADI TOUR GAID . TAPI MASALHANYA BHS SAYA MASH PUSING SYA BSA MENGUWASAI 3BHS INDIA,SPAIN,MANDARIN TAPI ITUPUN MSH BASIC,NY SAJA … KALO JDI TOUR GAID BSA GK TURIS2 YG BERWISATA SMA SAYA MEREKA MEMAHAMI 3 BHS ITU ? TAPI YG SYA INGIN DI PELAJARI BHS SPAIN

  40. MOHON BANTU YA , BENTAR LAGI SYA PRAKTEK JDI GAID NI BAGAIMANA SAYA BSA JDI GAID YG BNAR DAN BSA MEMAHAMI TURIS2 YG LAIN UNTUK BHS SYA MHON BANTU .. !! :)

  41. Jadi guide tidak cuma bisa berbahasa asing tetapi harus mempunyai mental yang tangguh dan perlu banyak latihan, pengalaman untuk ngemong tamu ya begitu…

  42. Saya mau sekali jd seorang tour guide
    Itu cita” saya dri dlu
    Mka.y sya blajar bhsa inggris
    Saya pengalaman kerja 3 thun singapore dan 1 thun hongkong sbgai trainer bhasa di sebuah employment agentcy company dan saya mash d.hkong sekarang
    Sya berharap kalo pulang indonesia nanti ada lwongan krja bwt jd tourguide
    Tpi pendidikan sya cman sma tpi sya punya certifikat kursus inggris dan computer

  43. Jadi tour guide adlh cita” sya dri kecil
    Maka.y sya blajar serius utk bhsa inggris
    Sya suka berpetualang menukan pengalaman baru dan suka blajar ttg budaya dan khidupan orang asing
    Sya punya pengalaman kerja singapura 3thun dan hongkong sbgai trainer bhasa di sebuah company employment agentcy dan masih di hongkong skarang berharap pulang indo nanti sya dpet lowongan krja jdi tour guide
    Walaupun pendidikan sya sebtas SMA tpi sya pnya sertifikat kursus inggris n computer dri hongkong
    Apa ada kemungkinan kesempatan krja bwat sya?

  44. saya liana… saya ingin bisa menjadi dosen di s2, dan saya ingin bekerja sebagai guide selama saya kuliah s1 jurusan sastra korea… lalu hal itu bagaimana? saya bisa bahasa korea dan bahasa jepang… saya b.ingris msih basic! tapi saya ingin menjadi guide b. korea … apakah jika saya ambil sastra korea saya pastinya bisa menjadi seorang guide kan? terimakasih…

  45. Untuk menjadi guide setelah kemampuan berbahasa, anda harus training dulu, untuk melatih hal-hal yang akan dihadapi dilapangan nanti, karena tidak semudah yang dibayangkan.. perlu proses mental dan fisik karena yang dihadapi adalah orang2 yang beragam karakter. Pilih jadi dosen atau tour guide … pastinya dosen dong

  46. saya teddy dari pekanbaru riau(sumatra), saya punya cita cita mau jadi guide di bali, tapi masih bingung gimana cara ngawalin nya,ada yng tau gak lembaga training guide yang ada di pekanbaru riau??

  47. menjadi Guide adalah impian saya sejak saya duduk di bangku kelas 2 SMA, dan saya pun sudah sedang memperdalam bahasa inggris saya, tapi saya belum tahu dan mengerti bagaimana menjadi seorang Guide yang baik dan professional…i need your help,please!

  48. halo saya gita. saya sekarang masih duduk dibangku sma kelas 2. saya bercita-cita ingin menjadi seorang tour guide profesional :D
    boleh minta bimbingannya? saya ingin tahu langkah-langkah apa saja yang harus saya ambil untuk menjadi seorang tour guide. tolong contact saya via e-mail atau twitter. terimakasih semuanya!!! :D

    e-mail: gitawikara@gmail.com
    twitter:gitawikara

  49. wooouuuuuuuuuuuuuuuu amazing ternyata bnyak juga ya peminatnya,,buat mbk mbk and mz- mz seemangat trus pantang mundur.btw sebenarnya sy juga minat sekali apalgi saya ingin menyalurkan bakat saya dibidang bahasa terutama bahasa cina.klau ada yg minat silakan hub081392799343….tq.

  50. mohon bimbingannya,rencananya saya mau mengadakan utuk tour dri palembang – jakarta – bandung- jogya- bali,,,rencananya ini pengalaman pertama saya utuk menjadi guide dari acra tersebut…
    face book : sudarto Gembelelite
    twitterr : @the_sudarto

  51. saya riski diah dari lampung, sudah lama saya ingin sekali menjadi seorang tour guide dan sekarang saya masih memperdalam bahasa inggris saya. saya juga ingin bergabung disini, tolong bantuannya dan bimbingannya. please…
    e-mail : diah_wardha@yahoo.com
    terimaksih

  52. Wow jadi guide memang enak walau hanya guide lokal tp bisa bepergian bersama orang orang baru,di saat perpisahanlah yang sangat berkesan,kalo sudah tiada baru terasa,ayo yg bercita cita jadi tour guide lanjutkan….Salam tour guide Derawan kaltim..

  53. saya penerjemah lisan bahasa korea yang sudah berpengalaman dalam business interpreting silahkan hubungi saya 0858-7135-8888

  54. saya ingin menjadi guide , tapi bagaimana caranya ? terus ada sekolahnya ya ? tolong dibantu , terima kasih.

  55. Jangan tertarik jadi guide kalau inspirasinya ingin ngomong dengan bule ! ya nanti kalau tau bagaimana harus bekerja tahu-tahu mengundurkan diri, seperi kebanyakan orang2 ikut membuat lisensi trus ketika dikasih order tidak siap sama sekali. Untuk jadi tour guide ada harus mempelajari dulu bagaimana kerja seorang guide caranya dengan ikut escort dulu, nanti kalau sudah siap baru terima order dan lisensi baru diurus kalau ada kesempatan mendapatkan lisensi .. kalau enggak ya terus saja kerja..

  56. Saya sempat menjadi tour leader di sebuah tour travel, tapi sebenarnya saya ingin menjadi tour guide…. bagaimana caranya njih? mohon petunjuknya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s